Iklan

Polda Siap Ciptakan Pilkada Aman dan Damai

Posted by Marchel Hormati on Jumat, 09 Februari 2018

Kapolda Irjen Pol Bambang Waskito bersama Wakil Ketua DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang dan Akademisi Ivan Kaunang dalam diskusi publik dihadapan ratusan wartawan di Sulut.



Antisipasi Kerawanan Setiap Tahapan


MANADO- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah di lima kabupaten dan satu kota di Sulawesi Utara, jajaran Polda Sulut sudah sejak awal mempersiapkan sistem pengamanan dalam setiap tahapan.
Bahkan, Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito memastikan pihaknya sudah memetakan kerawanan di setiap tahapan. "Saya sampai memerintahkan kapolres agar di halaman KPU, dibuatkan tenda pos polisi. Ini tujuannya untuk mengamankan. Agar KPU dapat bekerja dengan baik. Bukan karena ada maksud lain," urai Kapolda.
Demikian, Kapolda menambahkan Polda Sulut telah melakukan beberapa hal untuk antisipasi. Selain gelar pasukan, Polda juga telah membentuk tim cyber.
"Mengenai medsos, dan hal-hal yang viral dari segi negatif. kami sudah mempunyai tim untuk memantau dan mencari siapa yang memposting terlebih dahulu," ujar Kapolda.
Untuk itu Kapolda mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga keamanan saat pemilukada.
"Jangan sampai kita terpecah dan terbelah untuk memilih masing-masing pasangan calon di pilkada," ujar Kapolda saat menjadi pembicara pada Diskusi Publik Mewujudkan Pemilukada Yang Aman dan Damai, yang digelar Forum Wartawan DPRD (Forward) Sulut, Jumat (09/02) sore di Rumah Kopi Sario.
Lebih lanjut Kapolda mengatakan bahwa hal yang pasti terjadi kalau menjelang pilkada yaitu masyarakat terpecah.
Jika ada empat calon maka masyarakat akan terpecah menjadi empat.
"Ada 80 persen kerawanan itu timbulnya dari tahapan. Tahapan mulai pengajuan keabsahan calon sampai pada tahapan lainnya," jelas Kapolda.
Untuk itu, kata kapolda sangat dibutuhkan forum yang seperti ini untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.
"Harusnya lebih besar lagi. Forum ini sangat baik. Sangat dibutuhkan. Makanya saya hadir untuk menyampaikan beberapa hal. Mengenai persiapan pengamanan sudah sangat matang. Saya sampai geser pasukan saya ke Talaud. Karena ini sangat rawan, akan terjadi perpecahan masyarakat.
Mudah mudahan Sulut ini tetap aman seperti biasa. Karena mungkin saat Tuhan menciptakan Sulut, Tuhan dalam keadaan tersenyum," ujar Kapolda. (samuel)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

19.30.00

0 komentar:

Posting Komentar