Iklan

Kekurangan Bahan Baku Penyebab Terjadinya PHK di Bitung

Posted by Marchel Hormati on Senin, 19 Februari 2018


500 Eks Karyawan PT Delta Gelar Demo

BITUNG - Lesunya gairah industri perikanan di Indonesia, imbas dari Moratorium Kementrian Kelautan Perikanan semakin menjadi. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan pun tak tak terelakkan. Buntutnya, aksi demonstrasi pun terus menggila.
Seperti yang terjadi di Kota Bitung, Senin (19/2/2018).
Ratusan karyawan PT.Delta, menggelar aksi demonstrasi ke kantor Walikota Bitung, menuntut perusahan segera ditutup, dengan alasan telah melakukan PHK secara sepihak.
Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban pun tak menampik adanya PHK tersebut, akibat kekurangan bahan baku ikan yang terjadi di 54 Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang ada di kota Cakalang itu.
"Kekurangan pasokan bahan baku ikan ke Bitung terjadi, akibat Peraturan Menteri (Permen,red) 56,57 tahun 2014 dari Kementrian Kelautan Perikanan. Imbas dari hal itu sehingga terjadi pemutusan kerja bukan disatu perusahaan saja, melainkan sebagian besar UPI di kota ini," ujar Lomban di hadapan para demonstran.
Dari pantauan wartawan, tampak 500 lebih pendemo memadati kantor walikota Bitung dengan harapan agar Pemerintah Kota dapat mencarikan solusi terbaik bagi para karyawan yang di PHK.
"Pak, tutup saja itu perusahaan,"teriak para pendemo di hadapan Walikota dan Wakil Walikota di lobi kantor Walikota Bitung.
Para pendemo menuntut pihak-pihak terkait, untuk segera menututup perusahan tersebut.
"Perusahaan itu (PT Delta) sudah tidak betul. Kami karyawan di PHK secara tak manusiawi. Tolong kami (karyawan) pak,"teriak lagi para pendemo dengan nada tinggi.
 Sementara Walikota Bitung Max Lombam menangapi masalah tersebut mengatakan, karyawan diminta untuk bersabar. Sambil menunggu hasil pertemuan dengan pihak perusahaan.
"Pasti ada jalan keluarnya,"harapanya seraya menambahkan buruh karyawan diminta bersabarlah dulu.
Sementara itu, Kuasa Hukum PT Delta, Susilo menjelaskan kepada sejumlah media, satu diantara penyebab terjadinya PHK dikarenakan adanya pelanggaran yang dilakukan para karyawan.
"Pertama, para karyawan telah melakukan kesalahan berat, karena melakukan mogok kerja. Kedua, kami telah mengimbau kepada karyawan untuk kedua kalinya agar masuk masuk kerja, tapi tidak dilakukan. Berdasarkan itu, sehingga PHK pun dilakukan karena tidak sesuai dengan Undang-undang Tenaga Kerja," jelas Susilo saat dikonfirmasi via aplikasi Whatsapp, malam tadi. (kkr)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

18.39.00

0 komentar:

Posting Komentar