Iklan

Kinerja Apprasial Jalan Toll Manado Bitung "Amburadul "

Posted by Efraim Lengkong on Selasa, 19 Desember 2017

Guntar Tutuarima
Manado, identitasnews.com - Proyek pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 km tengah digenjot oleh Pemerintah. Pembangunan jalan tol tersebut ditargetkan bisa rampung konstruksinya pada akhir 2018, dan bisa dioperasikan pada 2019.
Namun hal ini masih menjadi masalah kepada masyarakat terkait dengan pembebasan lahan, Pasalnya harga ganti rugi lahan yang ditetapkan apprasial kepada masyarakat pemilik lahan dikelurahan Paceda Kecamatan Madidir sangat kecil dan dinilai tidak manusiawi. Hal ini membuat masyarakat ragu akan program Nawa Cita dari Presiden Indonesia Jokowi yang mengedepankan kepentingan Wong cilik (rakyat kecil). Kemarin 19/12/2017,  para pemilik lahan bagai disambar petir takut dan stress. Mereka diundang untuk musyawarah pembebasan lahan yang diperuntukkan pembuatan jalan tol, tim yang dipimpin langsung oleh kakanwil BPN Sulut Fredi koliantama ini ibarat mimpi buruk "ampun kami diundang untuk musyawarah dalam arti membicarakan harga ganti rugi, tapi saat dimulai musyawarah kami dipanggil satu persatu dan disodorkan surat yang didalamnya berisi harga ganti rugi " silahkan tanda tangan kalau tidak setuju bapak/ibu nanti berurusan dengan pemerintah " ketus petugas tersebut. kata seorang nenek dengan muka pucat meniru perkataan petugas tersebut.
Lain halnya dengan Echa budiyawan salah satu pemilik lahan mengatakan bahwa dirinya tidak pernah diundang untuk mendampingi pengukur dan apprasial dalam peninjauan dan pengukuran, " ini sudah melanggar hak milik orang ditambahkannya ibarat barang emas kita dirampok baru kemudiam dibayar murah.

"aneh penilaian apprasial didasarkan pada kesuburan tanah bukan pada letak dan kontur tanah ini baru namanya apprasial lulusan dari bulan" tegas yudiawan. " Kakanwil BPN yang diwakili oleh Guntar Tutuarima saat ditanya akan permasalahan ini mengatakan mereka mungkin  salah pengertian (miss understanding) dan berjanji akan menemukan apprasial dengan pemilik lahan dalam waktu singkat. (efl)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

20.46.00

0 komentar:

Posting Komentar