Iklan

VAP Sukses Wujudkan Minut Kabupaten Sehat

Posted by Marchel Hormati on Selasa, 28 November 2017

Minut, identitasnews.com - Patut membangakan di tangan dingin seorang Bupati asal Airmadidi Vonny Anneke Panambunan berhasil meraih penghargaan kabupaten sehat Swasti Saba Wistara. Pemberian penghargaan dilakukan oleh  Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek Sp.M (K), Selasa (28/11) di Gedung Sasana Bakti Praja Kantor Kementrian Dalam Negeri.
Penghargaan ini diterima langsung Plh Kadis Kesehatan dr Rina Widayati bersama dengan Assisten I Pemerintahan Drs Rivino Dondokambey, Kaban Bapelitbang Minut Arnolus Wolajan SSTP dan Kepala Puskesmas Kolongan dr Debi.
Menurut Plh Kadis Kesehatan, ada enam tatanan yang menjadi parameter penilaian terhadap kabupaten Minut dalam meraih penghargaan Swasti Saba Wistara. Antara lain sehat mandiri, Pariwisata sehat, Industri dan Perkantoran sehat, fasilitas umum sehat, ketahanan pangan dan sosial sehat. Sementara itu untuk 3 tatanan lainnya yaitu hutan sehat, perhubungan sehat, pertambangan sehat belum diikuti oleh Minut.
“Minut sejak tahun 2007 telah mengikuti penilaian kabupaten sehat dan penghargaan ini merupakan yang kelima kalinya,” tutur Widayati.
Ditambahkan, untuk Kabupaten/Kota pemula hanya mengikuti 2 tatanan dengan nama penghargaan Swasti Saba Padapa, 3-4 tatanan menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 5-9 tatanan yaitu Swasti Saba Wistara yang sudah diraih 2 kali yaitu 2015 dan 2017. Penerima Swasti Saba Wistara ini hanya 50 Kabupaten/kota. Untuk penghargaan ini Pemkab Minut  menerima piala, sertifikat dan piagam penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Kesehatan.
“Sebenarnya Ibu Bupati akan menerima langsung penghargaan ini, namun karena kesibukan tugas maka saya dimandatkan untuk menerimanya. Sebentar saya akan melapor ke bupati atas diterimanya penghargaan ini,” Ungkapya
Saat dikonfrimasi Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan melalui kabag Humas dan Protokol Yansen Tulung mengatakan, Bupati merasa senang mendapat penghargaan sebagai Kabupaten sehat, semoga kedepan bisa lebih baik lagi.
“Semoga apa yang kita dapat penghargaan ini, sebagai kabupaten sehat. Marilah kita pertahankan penghargaan ini, agar kedepan bisa mendapatkan kembali, “tutur Tulung.
Keberhasilan Bupati VAP mendapat apresiasi dari Legislatif Minut Saverius Prasetio,menurutnya keberhasilan sebuah prinsip sukses menyediakan infrasruktur pelayanan kesehatan seperti RSUD Walanda Maramis dan penyedian Puskesmas di setiap kecamatan dan pendataan kesehatan  lingkungan. (Herman)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

20.30.00

0 komentar:

Posting Komentar