Iklan

VAP: Pengelolaan Keuangan Desa Harus Trasparan dan Akuntabel

Posted by Efraim Lengkong on Rabu, 01 November 2017

Minut, identitasnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan Badan Perwakilan Keuangan (BPK) Provinsi Sulut mengadakan sosialisasi Pembekalan penerapan Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes) untuk para Hukum Tua, Sekertaris Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) seluruh Kabupaten Minahasa Utara di kantor Bappelitbang Pemkab Minahasa Utara.Rabu (01/11/2017)
Dalam sambutan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) mengatakan, pengelolaan keuagan Desa harus di lakukan secara Transparan, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan Disiplin Anggaran.
“Keuangan Desa yang Akuntabel mempunyai pengertian bahwa tindakan atau kinerja pemerintah Desa dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak-pihak yang memenuhi hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan akan perteanggungjawaban, “ ungkap Bupati VAP.
Bupati Vonny juga menghimbau agar para Hukum Tua se Minut untukvBaku - bsku bae,baaku - baku sayang jangan baku cungkel dan harus takut akan Tuhan.
"Saya kemarin dapat kabar yang memalukan dari Polres Manado bahwa ada salah satu hukum tua dan Sekertaris Desa di Minut digebrak oleh Kepolisian di dalam kamar Hotel Kata Bupati jangan sampai apa yang mereka lakukan menggunakan Dana Desa usai kegiatan saya akan memanggil mereka untuk di berikan pembinaan.
Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulut Kwinhatmaka SE, MM memaparkan Aplikasi siskeudes pertama kali dengan dana desa. disebabkan para hukum tua sudah tidak asing lagi mengatur tentang keuangan desa, sesuai dengan Undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa maka pengelolaan ini seperti yang sudah dikatakan bupati tadi, harus transparan dan akuntabel demi kesejahteraan Minahasa Utara.

Dalam kegiatan Siskeudes dihadiri oleh Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Ketua BPKP Sulut Kwinhatmaka SE, MM, Sekertaris Daerah Minut Ir. Jimmy Kuhu, Asisten 1 Pemerintahan Rivino Dondokambey, Kadis Dinas Sosial Chakra Wiragundo, Kepala Inspektorat Umbase Kaban Keuangan Robby Parengkuan,Seluruh Csmat dan Hukum Tua se Kabupaten Minahasa Utara. (Eman)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

20.30.00

0 komentar:

Posting Komentar