Iklan

Mingkid: Bupati VAP Intruksi ASN Minut Harus Gunakan LPG 5.5 Kg

Posted by Efraim Lengkong on Kamis, 02 November 2017

Minut, identitasnews.com - Bupati Minut Vonny Aneke Panambunan telah mengeluarkan intruksi lewat surat edaran Nomor 251/BMU/III/2017 tentang penggunaan tabung gas LPG Nonsubsidi untuk Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Minahasa Utara: Tabung gas LPG 3 kg adalah barang yang disubsidi oleh Pemerintah, maka pengguna tabung gas LPG 3 kg hanya diperuntukan bagi kalangan masyarakat yang berpendapatan rendah Usaha Kecil Makro (UkM). Khusus ASN dimintakan beralih menggunakan tabung gas LPG 5.5 kg Nonsubsidi.hal ini dikatakan oleh Allan Mingkid  Asisten 2 Pemkab Minut
Di jelaskan Sejak di launching pada bulan Maret 2017 telah menargetkan 800 tabung elpiji hingga akhir tahun yang akan digunakan ASN. Namun hingga posisi akhir Oktober 2017, ternyata sudah melebihi target,Penggunaan Elpiji non subsidi ukuran 5,5 Kg di Minut sudah melebihi target. Sebab ada 1.492 ASN yang telah menggunakan tabung elpiji 5,5 Kg atau telah melebihi target yang ditentukan oleh Pemkab dimana hanya 800 ASN hingga akhir tahun ini..
Mingkid juga mengakui tingginya ASN yang menggunakan tabung gas non subsidi ini dikarenakan adanya surat edaran Bupati Minut yang diedarkan sejak bulan Maret lalu. Tak hanya itu, kesadaran ASN menggunakan tabung gas itu juga menjadi salah satu faktor tingginya penggunaan gas non subsidi.
Lebih lanjut Di Sulut sudah ada beberapa daerah yang telah launching penggunaan gas 5,5 Kg seperti Minahasa, Minut, Boltim dan Manado. Namun baru Minut yang berjalan efektif karena sebagian besar ASN sudah menggunakan gas non subsidi.
Mingkid juga menambahkan, masyarakat Minut yang perekonomian menengah ke atas sudah sadar akan penggunaan Bright Gas 5,5 Kg. Ini bisa dilihat dari data di Bagian Perekonomian Pemkab Minut dimana warga yang menunjang program pemerintah pusat dengan membeli tabung gas 5,5 Kg sudah mencapai 2 ribu tabung. “Jadi di Minut sudah tidak ada lagi masalah dalam ketersediaan stok tabung 3 Kg karena sudah banyak warga yang menggunakan gas ukuran 5,5 Kg,” tambah Mingkid.
Data Agen LPG yang ada di Minut, PT Anugerah Lestari, PT Elpiji Kawan Sejahtera, PT Tonsea Jaya Gas dan PT Anita Kumayas. Setiap pangkalan LPG di Daerah Minut setiap Minggu berjumlah 52.080 tabung, penyaluran tabung LPG bersubsidi dalam satu bulan berjumlah 208.320 tabung. jadi dalam peredaran LPG 3 kg dalam setahun 2.499.840 tabung. Jumlah Bright Gas 5.5 kg yang beredar untuk ASN beejumlah 1742 tabung dan penyaluran untuk masyarakat 1.201 tabun, jadi jumlah seluruhnya kurang lebih 2.543 tabung.

Sementara itu Legislator Minut Elias Tooy meminta kepada pihak ASN Pemkab Minut agar benar mentaati intruksi Bupati VAP sehingga masyarakat bisa memanfaatkan LPG 3 KG sebaik mungkin untuk kebutuhan rumah tangga.seperti memasak.(HanTam)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

14.48.00

0 komentar:

Posting Komentar