Iklan

Mantiri Terima Kunjungan Kepala Perpustakaan RI

Posted by Marchel Hormati on Kamis, 16 November 2017

Bitung - Kamis, 16 November 2017. Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri di dampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan menerima kunjungan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Drs. Mohammad Syarief Bando, MM dan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional Drs. Dedy Junaidy, MSi di Kantor Walikota Bitung dalam rangka mengikuti acara Talkshow Literasi Bersama Kepala Perpustakaan Nasional yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung.
Kemajuan Dunia Pendidikan suatu Daerah atau Negara salah satunya dapat diukur dengan tingkat Literasi masyarakatnya. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Pendidikan, maka kemampuan Literasi merupakan hak setiap orang yang menjadi dasar untuk belajar sepanjang hayat, sebagaiana yang dikemukakan UNESCO, Dengan Kemampuan Literasi Kita Dapat Memberdayakan dan Meningkatkan Kualitas Individu, Keluarga dan Masyarakat.

Dalam Sambutannya, Mantiri mengatakan bahwa Pemerintah Kota Bitung akang berusaha agar kegiatan-kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin dimana Pemerintah Kota Bitung tidak akan berharap semua anggaran dari pusat, salah satunya dalam kegiatan puncak Hari Pendidikan Nasional. Lanjutnya, Pemerintah Kota Bitung juga akan mengupayakan gerakan gemar membaca dimulai dari lingkungan pemerintah, para Kepala Perangkat Daerah, ASN dan THL, dan dari situ kita bisa menghasilkan kebiasaan-kebiasaan menjadi suatu kerja besar sehingga kita mampu menjadikan Kota Bitung sebagai Kota Cerdas.
Lanjutnya, sebagai Indikator kunci untuk mengukur kualitas dan kemajuan layanan pendidikan, kemampuan Baca-Tulis dapat dicerminkan melalui data angka melek huruf atau AMH. Secara umum, AMH Provinsi Sulawesi Utara berada di atas rata-rata AMH Nasional. Di Kota Bitung sendiri berdasarkan data indikator kesejahteraan sosial rakyat Kota Bitung Tahun 2016 yang dikeluarkan BPS, AMH penduduk telah mencapai 99,69 persen. Pencapaian tersebut dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan pembangunan sistem pendidikan (termasuk anggaran) di tingkat lokal yang selaras dengan kebijakan Pemerintah Pusat.
Mantiri juga berterima kasih atas dipilihnya Kota Bitung sebagai tempat diselenggarakan kegiatan ini. "Saya atas nama Pemerintah Kota Bitung, Pak Walikota bersama dengan jajaran mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang sudah menyempatkan hadir di Kota Bitung dan menyelenggarakan kegiatan ini".

Turut Hadir Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Maxi Lukas, Ketua TP-PKK Dra. Khounni Lomban-Rawung, MSi,  Wakil Ketua TP-PKK Dra. Rita Mantiri-Tangkudung, ST, Ketua DWP Kota Bitung Dr. Rini Pangemanan-Tinangon, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bitung Eugene Mantiri, Anggota DPRD Kota Bitung, KPD Pemerintah Kota Bitung, Axel Galatang, Guru dan Pelajar. (hms/mw)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

17.53.00

0 komentar:

Posting Komentar