Iklan

Seni Budaya Bantik Kolaborasi dengan Manado Fiesta

Posted by Efraim Lengkong on Kamis, 07 September 2017

ASET BUDAYA- Tarian Kabasaran ambil bagian dalam Festival Seni Budaya Bantik yang berlangsung di Lapangan Bantik Malalayang, Selasa (05/09) lalu.(foto: ist) 

MANADO- Lembaga Pemangku Adat Bantik berkolaborasi dengan event pariwisata Manado Fiesta 2017 yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menggelar Festival Seni Budaya Bantik yang berlangsung meriah di Lapangan Bantik Malalayang, Selasa (05/09).
Festival tahunan yang dirangkai dengan peringatan 64 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi juga menggelar panggung hiburan Fun Music Festival bertajuk Fun Jazztic.
Dalam sambutannya, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) mengatakan Pemkot Manado menaruh perhatian besar terhadap seni budaya masyarakat termasuk seni budaya Anak Suku Bantik. "Pemkot Manado menaruh perhatian yang besar terhadap seni dan budaya masyarakat Manado, yang dikenal sangat majemuk dan beragam. Di dalamnya terdapat anak suku Bantik," ujar GSVL.
Menurutnya, seni dan budaya masyarakat Bantik yang dirangkai dengan peringatan 64 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi memiliki makna yang besar untuk mengobarkan semangat juang pahlawan asal Malalayang itu secara terus menerus.
"Warisan semangat juang Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi harus terus dikobarkan dalam kehidupan masyarakat Kota Manado agar tetap semangat membangun kota ini menjadi lebih baik," tandas GSVL. Terkait Manado Fiesta 2017, Walikota GSVL meminta masyarakat Bantik untuk ikut menyukseskan tujuh festival yang digelar.
"Festival seni budaya Bantik bertepatan dengan pelaksanaan Manado Fiesta. Saya berharap ke depan dan seterusnya merupakan bagian dari Manado Fiesta karena dilaksanakan pada bulan September seperti sekarang ini," jelasnya.
Festival seni budaya Bantik yang menghadirkan kakak dan adik Robert Wolter Mongisidi, yakni Marie Mongisidi dan Robby Mongisidi menampilkan tarian tradisional masyarakat Bantik seperti Tarian Mahambak Bantik dan Tarian Kabasaran massal dari semua anak suku Bantik di Sulut.
Hadir mewakili Gubernur Sulut, Kepala Dinas Kebudayaan dr Frits Rotinsulu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan SIK dan Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh.(tim)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

03.59.00

0 komentar:

Posting Komentar