Iklan

Ikan Paus Terdampar di Pantai Desa Blongko

Posted by Efraim Lengkong on Kamis, 28 September 2017

Minsel, identitasnews- Masyarakat Desa Blongko Kecamatan Sinonsayang heboh. Pasalnya, Selasa (26/9) siang tadi seekor ikan paus besar ditemukan warga sekitar. Bahkan, habitat ikan paus tersebut ditemukan sudah mati dan mulai rusak. Termasuk bau anyer ikut menyengat hidung warga sekitar.
Joppie Worek, pengamat lingkungan Sulawesi Utara mengaku kaget dengan ikan paus yang terdampar di pantai Blongko Kecamatan Sinonsayang. ‘’Ya, habitat ikan paus jenis Sperm terdampar di pantai Desa Blongko. Tidak tahu kalau apakah terdampar belum lama. Ataukah sudah beberapa hari. Yang pasti, dalam gambar foto tersebut, habitat ikan paus tersebut sudah mulai tercium aroma busuk,’’ujarnya.
Worek menjelaskan lagi, kondisi ikan paus atau sebutan habitar Sperm tersebut sudah dalam kondisi mati. Namun, sepertinya warga Blongko hanya membiarkan begitu saja.
‘’Bahwa, ketika habitat ikan paus mulai rusak oleh polusi jagat, maka mahluk-mahluk tersebut akan tersingkir dengan sendirinya. Maka dari itu, harusnya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minsel harus turun dan melihat kondisi ikan diatas,’’tambanya.
Seperti diketahui, terdamparnya habitat ikan paus jenis Sperm tersebut merupakan yang kedua dalam tahun 2017 terjadi di Minsel. ‘’Pertama di Pantai Alar, Pondang Amurang Timur beberapa bulan lalu. Dan kedua, di Pantai Blongko Kecamatan Sinonsayang. Ini pertanda, habitat diatas mulai punah walau diakuinya di Minsel belum ada ikan seperti ini,’’tegas Worek yang juga wartawan senior ini. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minsel Ir Alexander Sonambela, MSi belum dapat dikonfirmasi terkait terdamparnya habitat ikan paus jenis Sperm tersebut. ‘’Maaf, pak kadis lagi di DPRD Minsel,’’ sebut staf yang enggan sebut namanya. (meyvo rumengan)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

13.16.00

0 komentar:

Posting Komentar