Iklan

13 Ribu Sertifikat Gratis Untuk Tomohon

Posted by Efraim Lengkong on Rabu, 06 September 2017

TOMOHON-  Tahun ini Kementrian Agraria dan Tataruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN)-RI memberi jatah 13.000 penerbitan Sertifikat Tanah Gratis pada kota Tomohon.  Sebelumnya, jatah dari Program Nasional (Prona) sertifikasi hak kepemilikan tanah tersebut diplot sebanyak 10.000, tapi dari data pihak BPN Tomohon menunjukkan angka meningkat dalam Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL). 
Menurut Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang, MSc, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.  “Sangat disayangkan kalau kesempatan ini tidak dimanfaatkan masyarakat. Tercapainya target ini harus ada kerja sama dari camat dan lurah dan perangkatnya. Berikan himbauan agar masyarakat pemilik tanah yang belum ada sertifikat supaya segera mendaftar," ungkap Lolowang, kemarin. 
Untuk itu, kata dia, pihaknya berencana bekerja sama dengan pihak gereja dan organisasi keagamaan lainnya. 
Kendati demikian, kata dia, pengurusannya tidak sepenuhnya gratis.  "Dalam penerbitan sertifikat memang gratis. Tapi untuk proses pengukuran di kelurahan ada biaya sebesar Rp350.000.  Ini berdasarkan SKB 3 Menteri yang nantinya akan diperkuat dengan SK Walikota Tomohon,” ujar Lolowang.
Hal itu dibenarkan oleh Kepala ATR-BPN Tomohon Christanto Bulamey, SH.  Menurutnya, kuota Sertifikat Prona di Kota Bunga kali ini merupakan yang terbanyak di Sulawesi Utara (Sulut).  “Tomohon termasuk paling banyak di Sulut.  Kita mendapat jatah sebanyak 10 ribu bidang tanah.  Tapi ada selisih anggaran, maka terjadilah penambahan sehingga menjadi 13 ribu bidang tanah,” ungkap Bulamey. (tim)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

03.39.00

0 komentar:

Posting Komentar