HUT SHS
Headlines News :
Home » » Wouw... Pemkab Minut Batalkan Kumpul Kebo 57 Pasangan Desa Waleo Dan Waleo Dua

Wouw... Pemkab Minut Batalkan Kumpul Kebo 57 Pasangan Desa Waleo Dan Waleo Dua

Written By Unknown on Kamis, 15 Juni 2017 | 15.00.00


9 Pasangan Yang Dinikahkan di Discapil Terima Akte Dibalai Desa Waleo

Airmadidi, Identitasnews.com - Bupati Minahasa Utara, Vomnie Aneke Panambunan dan Wakil Bupati Joppi Lengkong, yang tak sempat hadir karena terkendala dengan agenda kerja, melalui Kadis Capil Susanne Katuuk SE, didampingi Camat Kema Alfred Pusunglaa dan Sekcam Richard Dondokambey S.STp, menghadiri acara pernikahan masal di Desa Waleo Kecamatan Kema pada Kamis (15/6).

Turut hadir pula Direktur PT CAKRA, Jeane Laluyan bersama Kumtua Waleo dan Kumtua Waleo Dua, mensahkan pernikahan masal terbesar di tahun 2017 ini dimulai sekita pukul 10.00 wita.

Kepada para pasangan peserta nikah masal, Kadis Capil Sussane Katuuk mengajak untuk saling setia dan tidak pernah berpikir untuk bercerai," Ibu Bupati dan Pak Wakil Bupati meminta maaf karna beliau-beliau tidak bisa hadir, soalnya dalam waktu bersamaan, ada agenda nasional dan beberapa tugas penting lainnya. Namun Ibu Bupati dan Pak Wakil Bupati mengajak, awetkan pernikahan ini, jauhi perceraian," katanya.

Kawin/nikah masal ini, lanjut Susane Katuuk, merupakan kekuatan hukum yang mengikat para pasangan yang sudah bersama, dalam ikatan hukum manusia dan Hukum agama.
"Ibu Bupati dan Pak Wakil Bupati juga mengingatkan, apa yang sudah disahkan oleh hukum dan agama, jangan pernah dipisahkan, bahkan oleh maut sekalipun. Karena Tuhan sangat benci dengan ikatan pernikahan yang sudah direstui-NYA kemudian dipisahkan oleh manusia," tandas Katuuk.

Usai disahkan secara resmi dan sederhana, para pasangan nikah (57 pasang), menerima Akte Nikah secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Kadis Capil didampingi Camat, ara Hukumtua.
"Semua harus secepatnya merampungkan data-data, kemudian sesegera mungkin menyerahkan ke pemerintah masing-masing desa, agar secepatnya juga kita selesaikan," pungkas Kadis Capil seraya menambahkan ada penyerahan sembilan berkas Akte Nikah untuk sembilan (9) pasangan nikah yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya, di Kantor Dinas Capil Minut.

Penyerahan Akte Nikah untuk 9 pasangan tersebut diserahkan oleh Kumtua Waleo Luisa J Makalew dan Kumtua Waleo Dua Julitje S Tanod secara bergantian, didampingi Kadis Capil dan Camat Kema beserta segenap jajaran.

Usai disahkan dan menerima Akte pernikahan, para peserta nikah menggelar makan bersama dibalai Desa Waleo, namun sebagian lagi ke gereja maupun kediaman masing-masing untuk merayakan selebrasi pernkahan yang tercatat merupakan pernikahan masal terbanyak di Minut untuk tahun 2017 ini (57 ditambah 9 = 66 pasangan).(Red)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD