HUT SHS
Headlines News :
Home » » Wartawan Dan Satpol-PP Minut Turut Ba-Donor Darah

Wartawan Dan Satpol-PP Minut Turut Ba-Donor Darah

Written By Unknown on Rabu, 14 Juni 2017 | 20.00.00

Lengkong: "PMI Minut Berupaya Sediakan 4.300 Kantong Darah Dalam Setahun"

Airmadidi, Identitasnews.com - Peringati Hari Donor Darah sedunia, Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonny A Panambunan yang diwakili oleh Sekertaris daerah (Sekda) Ir. Jemmy Kuhu membuka kegiatan bahkti sosial donor darah di atrium kantor bupati, Rabu, 14 Juni 2017.
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan mewakili masyarakat Minut sangat mengapresiasi positif akan pelaksanaan kegiatan kemanusiaan ini.
"Donor ini  adalah terjemahan tak tertulis berupa kepedulian untuk meningkatkan kesadaran kebutuhan produk darah yang aman, dimana darah sangatlah penting baik pada masa perawatan maupun penanganan gawat darurat," sebut Kuhu.

Lewat sambutannya pula, Bupati mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat mendonorkan darah untuk membantu sesama masyarakat Minut yang membutuhkan darah. "Semoga kedepan nanti, kian bertambah juga animo masyarakat Minut untuk mendonorkan darah," tutup Sekdakab Minut, Ir Jemmy Kuhu.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Minut Ir. Joppy Lengkong dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pasien yang membutuhkan darah semakin banyak.

"Berdasarkan perhitungan dari Badan Kesehatan Dunia/WHO dimana kebutuhan kantong darah dalam hitung standar yakni 2% dari jumlah penduduk dalam pertahun. Sementara untuk Minut dengan jumlah penduduk 215.000 jiwa berarti dalam setahun harus menyediakan 4.300 kantong darah pertahun sehingga penyediaan darah dalam satu bulan kurang lebih 350 kantong darah," ujar Wakil Bupati Minut tersebut.

Lengkong juga menguraikan, sebagai gambaran untuk Minut patut bersyukur kepada Tuhan bahwa pada tanggal 18 November 2016 sudah membentuk dengan nama Unit Transfusi Darah (UTD) PMI yang bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis di Kecamatan Airmadidi.
"Sehingga dapat mempermudah bagi pasien yang sangat memerlukan darah baik yang ada di Rumah Sakit Hermana Lembean maupun pasien yang ada di Rumah Sakit Tonsea. Makanya kami tak henti-hentinya mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat mendonorkan darah lewat kegiatan bahkti sosial ataupun dapat langsung mendonorkan darah di UTD yang ada di RSUD Maria Walanda Maramis," pungkas Lengkong.
Dari kegiatan donor darah ini telah menghasilkan kurang lebih 74 kantong darah yang terkumpul dengan golongan darah berbeda-beda dari pendonor kalangan PNS, TNI/Polri, Basarnas, Tokoh Agama bahkan para Wartawan Minut.(Red)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD