Iklan

Kolaborasi Pemkab - PMI Minut Gelar World Blood Donor Day, Hasilkan 78 Kantung Darah

Posted by Unknown on Rabu, 14 Juni 2017

Airmadidi, Identitasnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Minut, menggelar kegiatan kemanusiaan di hari donor darah se-dunia atau World Blood Donor Day, Rabu (14/6/2017).

Kegiatan World Blood Donor Day yang dibuka Bupati Vonnie Aneke Panambunan, melalui Sekda Ir Jemmy Kuhu MA, dan dilaksanakan di Atrium Kantor Bupati, diikuti oleh Pejabat dan ASN Pemkab Minut, aparat TNI/POLRI, Basarnas, Sat Pol PP, karyawan perusahaan swasta, wartawan biro Minut dan masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, sangat mendukung program kemanusiaan ini,"kata Kuhu dalam penyampaian amanah Bupati Minut.
Kalau kali ini jumlah pendonor masih bisa dikata sedikit, lanjut Kuhu, kedepan nanti biarlah masyarakat lebih menyadari betapa pentingnya melakukan donor darah itu. "Selain kita sudah berbuat amal dengan menyelamatkan hidup manusia, secara langsung juga kita telah membersihkan darah kita lewat donor darah ini," tandas Kuhu.

Lebih lanjut, Ketua PMI Minut Ir Joppi Lengkong menyatakan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian para pendonor yang telah mengambil bagian di kegiatan World Blood Donor Day.

“Atas nama Pemerintaj dan PMI Minut, Saya mengucapkan terima kasih atas sumbangsih dari seluuh pendonor, yang telah menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan. Memang kita mengharapkan kesadaran masyarakat untuk membantu mendonorkan darahnya, karena kebutuhan di Minut sebanyak 2 persen dari jumlah penduduk, atau dibutuhkan 350 kantong darah per bulan, namun dari November 2016 sampai Mei 2017 baru 630 kantong yang ada di UTD Minut, diperkirakan setiap bulan sekira 100 kantong, dan ini masih kurang, masih banyak lagi kebutuhan darah yang diperlukan,”beber Wakil Bupati Minut (Lengkong red-).

Salah satu wujud mengasihi sesama manusia, lanjut Joppi, yaitu dengan mendonorkan darah, karena kehebatan manusia dan teknologi, tidak bisa membuat darah, karena ini karya Tuhan yang luar biasa untuk umat manusia. Dan dari kegiatan donor darah tersebut, sebanyak 77 kantong darah, hasil dari sumbangan pendonor terkumpul.

PERLU DIKETAHUI:

1. Dengan adanya aktivitas donor darh yang dilakukan oleh PMI Minut, maka RSUD Walanda Maramis tidk perlu suplay darah dari luar Kabupaten Minahasa Utara lagi.
2. Tercatat, ada empat (4) kelas para pendonor tetap, yaitu
- Sudah 10 kali mendonor (Selfran Wungow, Sammy Rompis, Stenly Tumangkeng, No Koloay, Rio Tarandung, Fifit Kurmawan, Winda Mamesah)
- Sudah 25 kali mendonor (Benny Sambow, Stiven Bayak, Kathleen Dandel, Angreny Wewengkang)
- Sudah 50 kali mendonor (Andre Morong)
- Sudah 75 kali mendonor (Melkie Mewengkang)

3. Danny Taniowas, Staf Sekretariat Perlengkapan ini mendonorkan darahnya tanpa pamrih, di usia 50 sudah 64 kali (Sejak tahun 1985). "Dengan rutinnya lakukan donor, ini juga sangat membantu kita mengontrol kesehatan" 

4. Ferrry Manua (43), warga Desa Kuwil Kecamatan Kalawat, tercatat sudah 34 kali menyumbang darah.
5. Sangat disayangkan, sampai hari ini dari 131 desa yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, baru satu desa yang berperan serta secara tetap dalam giat donor darah ini, yaitu Desa Watutumow III.
6. Kumtua Watutumow III Ronna Intan Wenas sudah ke 11 kalinya mendonorkan darah.
7. Sampai memasuki pukul  12. 56 wita, kantong darah yang didonor,  mencapai 78 kantung darah.

Di penghujung kegiatan yang dipandu Sekretaris PMI Minut Melkie Wewengkang dan Staf Khusus Wabup Minut Selfran Wungouw, banyak door prize yang diberikan kepada para pendonor yang di sponsori oleh Bank BRI Cabang Airmadidi, dan Bank Sulut Ranting Airmadidi.(ADVERTORIAL/John)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

17.30.00

0 komentar:

Posting Komentar