HUT SHS
Headlines News :
Home » » Antisipasi Penyusup Teroris ISIS Filiphina, Tripika Kema Sisir Pemukiman Mangket Di Desa Makalisung

Antisipasi Penyusup Teroris ISIS Filiphina, Tripika Kema Sisir Pemukiman Mangket Di Desa Makalisung

Written By Unknown on Rabu, 07 Juni 2017 | 16.30.00


Airmadidi, Identitasnews.com - Guna mengantisipasi kemungkinan masuknya kelompok militan teroris Pilipina yang pro ISIS.  Tripika Kema bersama pihak Imigrasi Bitung menggelar Operasi Tangkal Teroris (OTT) dengan  mendata warga Sangir Philipina (SAPIN) di Desa Makalisung Kecamatan Kema Rabu (7/6/2017).
Tim operasi yang dipimpin oleh Camat Kema Alfred Pusunggula terdiri dari Kapolsek Kema yang diwakili Wakapolsek Iptu Poltje Monengkey, Plt Danramil 1310-05 Kauditan Pelda Edyson Kasenda, Kepala Seksi Informasi Sarana Komunkasi Keimigrasian (ISKK) Bitung Ridwan, Hukum Tua Desa Makalisung Steven Tumilantow dan seluruh perangkat desa.
Satu persatu rumah warga di jaga VI yang diduga warga Sapin didatangi. Alhasil dari hasil operasi dan interogasi yang dilakukan, tim mendapati  ada 33 warga Sapin yang tinggal di desa tersebut. Lama tinggal warga Sapin di desa tersebut berbeda-beda. Ada yang 5 tahun, ada yang 12 bahkan ada yang 17 tahun. Mereka hanya dibekali dengan dokumen seadanya. Anehnya beberapa diantaranya telah memiliki KTP sebagai warga Minut dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).
Ridwan Petugas Kantor Imigrasi Bitung langsung mengambil data warga Sapin tersebut dan memerintahkan untuk menyediakan beberapa persyaratan serta pas foto dan melapor di kantor Imigrasi Bitung.
Keberdaan warga yang sebagian besar hidup di bawah garis kemiskinan ini cukup memprihatinkan. Mereka tinggal di rumah dengan atap rumbia dan dinding seadanya. Saat dimintai untuk melengkapi dokumen dari Kabupaten Talaud mereka beralasan mau mengumpulkan ongkos (uang) dulu.Warga Sapin ini menggunakan Pamboat saat mendarat di pantai Makalisung.
Camat Kema Alfrets Pusunggula saat dimintai tanggapan terkait operasi yang dilakukan mengatakan. “Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan nomor  203/BMU/III/2017 kepada Camat dan hukum tua kecamatan Kema, Wori, Likupang Timur dan Likupang Barat untuk mengawasi para pendatang yang keluar masuk lewat jalur laut. OTT dilakukan untuk memonitor adanya kemungkinan teroris masuk dari Philipina,” terang Pusunggula yang mengklaim operasi ini pertama dilakuan di Minut.
Menurut Kasie ISKK Ridwan,  warga Sapin di Makalisung ini akan didata oleh Kemenkumhan dan Imigrasi, mereka akan dijadikan Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses yang dilakukan oleh bagian Hukum Kementrian. Prosesnya bisa berjalan sampai 2 bulan,” jelas Ridwan.
Ditambahkan Ridwan, di Kota Bitung 54 dari 1490 warga Sapin telah mendapatkan kewarganegaraan karena mereka telah lama tinggal di sana dan memenuhi syarat tertentu seperti wawasan tentang Negara Indonesia. “Bagaimana mereka bisa dikatakan layak menjadi WNI jika ditanyakan siapa Presiden Indonesia mereka tidak tahu,” ujar Ridwan.
Terpisah, saat operasi Hukum Tua Steven Tumilantow memberi peringatan keras bagi warga Sapin yang tinggal di desanya untuk tidak sembarangan menerima saudara atau kerabat dari Philipina. “Sekalipun itu saudara kandung kalian harus hati-hai,  karena tinggal di Negara yang berbeda pasti tidak tahu lagi keberadaan mereka. Bisa saja keluarga sendiri telah menjadi anggota kelompok radikal. Jika ada pendatang, apalagi dari Philipina langsung laporkan  kepada saya,” tegas Tumilantow.
Menurut informasi yang dirangkum, pihak Badan Kesbangpol Minut juga telah diundang untuk bersama dalam OTT dan pendataan warga Sapin ini. Tapi sayangnya mereka tidak hadir dengan alasan sedang mengikuti rapat Forkopimda.
Diketahui negara tetangga Philipina telah memberlakukan darurat militer menyusul warga asing yang bergabung dengan ISIS yang menyerbu Philipina. Dan Minut yang memiliki pesisir pantai yang sangat panjang di 4 kecamatan cukup berpotensi dimasuki kelompok radikal dari Philipina ini.(Red)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD