HUT SHS
Headlines News :
Home » » Walikota Kotamobagu Terima Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017

Walikota Kotamobagu Terima Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2017

Written By Unknown on Rabu, 26 April 2017 | 06.00.00

Kotamobagu, Identitasnews.com – Kota Kotamobagu meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI, dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017.

Penghargaan prestisius bidang perencanaan yang diserahkan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, ini, diterima langsung Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, Selasa (25/4), di Hotel Grand Kawanua Manado.

Walikota menyampaikan syukur atas penghargaan ini. Terlebih Kotamobagu didaulat sebagai kota dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah terbaik se-Sulawesi Utara. “Kita tentu mengucap syukur atas prestasi membanggakan ini. Penghargaan ini menjadi motivasi Pemerintah Kota Kotamobagu agar dalam setiap penyusunan dokumen perencanaan pembangunan, selalu memihak pada kepentingan masyarakat sambil tetap mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan,” ucap walikota.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH, menyampaikan penilaian terhadap dokumen RKPD dilakukan secara ketat  dan komprehensif, terutama konsistensi perencanaan dari tingkat desa/kelurahan sampai tingkat kota.
“Proses penilaian oleh tim bappeda provinsi yang juga melibatkan para akademisi tergolong ketat dan komprehensif karena melalui beberapa tahapan yang cukup panjang. Indikator penilaian utama adalah konsistensi dalam mengakomodir usulan dari musrenbang desa/kelurahan, kecamatan sampai tingkat kota, termasuk kesesuaian perencanaan pembangunan dengan prioritas tema tahun pembangunan daerah,” ujar Mokoginta.

Selain itu, Sofyan menambahkan dalam menyusun dokumen perencanaan juga diperlukan sinkronisasi terhadap prioritas pembangunan daerah dari perencanaan pembangunan kota, provinsi dan pembangunan nasional. “Sinkronisasi antara dokumen perencanaan kota, provinsi dan nasional juga menjadi salah satu indikator penilaian, sebagaimana diatur dalam Permendagri 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah,” ujarnya.(Feky)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD