Iklan

Tumbuan: Sesuai PP No.3/2007, Setelah Disampaikan KLPj Bupati ke DPRD, Maka akan Segera Dibahas

Posted by Unknown on Selasa, 04 April 2017

Minsel, Identitasnews.com  Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, Jenny Johana Tumbuan, SE menegaskan, sesuai Peraturan Pemerintah No.3 tahun 2007 Pasal 23 Ayat (1), (2), (3) dan (5). Setelah kepala daerah (Bupati) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) dalam rapat Paripurna DPRD. Dengan demikian, LKPj tersebut oleh DPRD akan membahasnya.
‘’Ya, setelah LKPj berada di DPRD Minsel, maka pihaknya akan segera membahasnya. Tapi, akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) ditingkat DPRD Minsel. Setelah pansus dibentuk, maka langsung dibahas secara internal sesuai Tatib DPRD. Dan berdasarkan hasil pembahasan, DPRD menetapkan dengan keputusan DPRD paling lambat 30 hari setelah LKPj diterima,’’ujar Ketua DPRD Minsel, Jenny J Tumbuan, SE, Selasa (4/4/2017).
Lanjut Tumbuan, setelah LKPj diterima untuk disampaikan kepada kepala daerah dalam rapat paripurna yang bersifat istimewa sebagai Rekomendasi kepada kepala daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.
‘’Hal ini, juga dipertegas dalam UU No.23 tahun 2014 Pasal 71 Ayat (3). Bahwa, LKPj kepada DPRD sebagaimana dimaksud pada Ayat (20) dibahas oleh DPRD untuk Rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah,’’tegasnya.
Dengan demikian, untuk menindaklanjuti LKPj akhir tahun anggaran 2016 yang sudah disampaikan oleh bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE. Olehnya, setelah pembentukan Pansus diatas, pimpinan DPRD telah memintakan kepada setiap fraksi nama-nama anggota untuk masuk dalam pansus.
‘’Dan berdasarkan permintaan tersebut, fraksi-fraksi telah menyampaikan kepada pimpinan DPRD nama-nama anggota fraksi yang masuk dalam panitia khusus pembahas LKPj akhir tahun anggaran 2016. Oleh karena itu, berdasarkan usulan dari seluruh fraksi dan amanat Permendagri No.80 tahun 2015 Pasal 84 Ayat (1) Huruf B, maka pimpinan dan keanggotaan pansus akan dibentuk dalam rapat paripurna,’’ucap mantan Ketua DPD II Partai Golkar Minsel tersebut.
Dengan demikian, sebagai Ketua DPRD Minsel ditetapkannya Panitia Khusus (Pansus) Pembahas LKPj akhir tahun anggaran 2016.
Wakil Ketua DPRD Minsel Franky Jirro F Lelengboto, ST menyambut baik hal diatas. ‘’Baginya, ingin agar supaya LPKj akhir tahun anggaran 2016 segera dibahas ditingkat DPRD Minsel melalui Pansus. ‘’Harapannya, setelah Pansus dibentuk akan langsung dibahas dan selang 30 hari lamanya, akan di paripurnakan secara istimewa. Kita tunggu saja, peran serta Pansus yang dibentuk dan sepak terjang Pansus untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut,’’pungkas Lelengboto.(Meyvo Rumengan)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

16.30.00

0 komentar:

Posting Komentar