HUT SHS
Headlines News :
Home » » DPRD GELAR PARIPURNA ISTIMEWA UMUMKAN CALON TERPILIH DI HUT KE- 63 KABUPATEN BOLMONG

DPRD GELAR PARIPURNA ISTIMEWA UMUMKAN CALON TERPILIH DI HUT KE- 63 KABUPATEN BOLMONG

Written By Unknown on Jumat, 24 Maret 2017 | 07.00.00


Lolak, Identitasnews,com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Kamis (23/03/2017) mengelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-63 Bolmong dan Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati terpilih periode 2017-2022.
Rapat Paripurna Istimewa ini langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD.
Menurut Welty sidang paripurna ini dilaksanakan untuk meperingati Hut Bolmong yang sudah memasuki 63 Tahun, selain itu juga sidang istimewa ini dilaksanakan untuk mengumumkan calon Bupati dan wakil Bupati terpilih berdasarkan surat masuk dari Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD). Calon terpilih akan segera ditidaklanjuti DPRD dengan melayangkan surat resmi ke kementrian dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur Sulawesi Utara untuk di agendakan jadwal pelantikan Kepala daerah hasil pemilihan.
Sementara itu Pj. Bupati dalam sambutanya menyampaiakan rapat paripurna ini menjadi sangat istimewa, ketika seluruh komponen masyarakat di bolmong, baik itu pemerintah, pihak swasta serta segenap elemen masyarakat mampu mengingat dan mengevaluasi bahwa setiap waktu yang telah kita lewati dengan penuh perjuangan, demi perwujudan cita-cita bersama untuk mencapai kehidupan dan masa depan bolmong yang lebih baik lagi.
Rentang sejarah 63 tahun, para tokoh pemimpin dan pejuang telah berkarya dan bekerja keras bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik, demi mencapai kesejahteraan masyarakat Bolmong.
Apabila kita cermati kondisi perekonomian dua tahun terakhir di kabupaten bolaang mongondow, berdasarkan indikator produk domestik regional bruto, terlihat semakin baik, hal ini dapat dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi untuk dua tahun terakhir mengalami peningkatan, dari 5,1 % pada tahun 2014, kemudian meningkat menjadi 5,7 % pada tahun 2015.
Hal ini diikuti oleh capaian produksi beras yang terus meningkat setiap tahunnya, dimana pada tahun 2016 lalu, sebanyak 300.000 ton gabah kering panen, atau sebanyak 56 % dari total produksi beras di provinsi sulawesi utara, dan tetap menyandang predikat daerah lumbung beras di provinsi sulawesi utara.

Capaian tersebut merupakan implementasi dari berbagai program pembangunan di bidang pertanian, antara lain program cetak sawah baru yang pada tahun 2016 lalu, seluas 1970 hektar sehingga saat ini Bolmong mempunyai lahan persawahan produktif seluas 16.000 hektar.
Untuk lahan tanaman jagung pada tahun 2016, seluas 57.401 hektar dengan lahan produktif seluas 31.367 hektar, yang mampu menghasilkan sebanyak 250.000 ton jagung kering panen.
Di sektor kelautan dan perikanan, produksi ikan hasil tangkapan pada tahun 2016 lalu ditargetkan sebanyak 8.202 ton, dan di akhir tahun 2016 produksi ikan hasil tangkapan, melebihi dari target yang telah ditetapkan yaitu 8.274 ton.
Dalam bidang kesehatan, capaian angka harapan hidup, yaitu 71,38 tahun dan ini melampaui target rencana pembangunan jangka menengah daerah.
Dari segi investasi dan penanaman modal, pemerintah bersama-sama dengan DPRD bolmong telah banyak menghadirkan investor yang telah menanamkan investasinya, yang mampu membuka peluang dan lapangan kerja bagi masyarakat kabupaten bolaang mongondow.
Dalam bidang pembangunan melalui dana APBDP kabupaten bolaang mongondow tahun anggaran 2016, sebesar rp. 1.021.677.435.168,-. Demikian pula dari segi pendapatan asli daerah, pada tahun 2016 lalu ditargetkan sebesar rp. 46.408.712.500,- dengan realisasi sampai dengan akhir tahun anggaran 2016 sebesar rp. 47.075.423.696,- melebihi dari target yang telah ditetapkan.
Untuk mencapai hal tersebut, harus dilakukan sinergitas pembangunan dalam berbagai tingkatan pemerintahan, mulai dari tingkat desa sampai dengan pemerintah tingkat pusat, demikian pula keterlibatan jajaran pemerintah kabupaten bolaang mongondow, dengan dprd kabupaten bolaang mongondow dan seluruh komponen masyarakat yang mempunyai peranan penting, dalam menunjang keberhasilan pembangunan.
Rapat paripurna istimewa pada hari ini juga, mengagendakan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, dalam pemilihan bupati dan wakil bupati bolaang mongondow tahun 2017.
Untuk itu, selaku pribadi, keluarga serta atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten bolaang mongondow menyampaikan “selamat kepada ibu Dra. Hj.Yasti soepredjo mokoagow dan bapak Yanny Ronny Tuuk, s.th, mm, yang telah ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati bolaang mongondow terpilih, periode tahun 2017 sampai dengan tahun 2022”.(Feky Sajow)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD