HUT SHS
Headlines News :
Home » » Donald Wagey Buka FPDR RKPD Tahun 2017

Donald Wagey Buka FPDR RKPD Tahun 2017

Written By Unknown on Kamis, 09 Maret 2017 | 18.00.00

Ada 4 Item Tercetus Dalam Program Itu

Tondano, Identitasnews.com - Kaban Bapelitbang Drs Donald Wagey, MBA mewakili Bupati JWS Buka Forum Perangkat Daerah Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2017.
Bupati dalam penyampaian Kaban Bappelitbang menguraikan, Forum PD merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian pelaksanaan UU No 25, Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional menyebutkan bahwa Pemda wajib menyusun perencanaan tahunan.
“Yaitu Rencana Kerja Pembangunan Daerah/RKPD dan Perangkat Daerah Menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD). Kedua dokumen tersebut saling berkaitan dan renja PD wajib dibahas dalam forum perangkat daerah kabupaten,” beber dia Kamis (9/03).

Hal ini, lanjut Wagey, dimaksudkan untuk memadukan hasil MUSRENBANG RKPD di kecamatan, dengan Rancangan Renja Perangkat Daerah yang hasilnya nanti menjadi bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2018.
“Jadi forum perangkat daerah merupakan wadah penampungan aspirasi dan penyaringan aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan rencana kerja perangkat daerah,” ujarnya.
Lebih jauh Kaban Bapelitbang Drs Donald Wagey, MBA mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa dalam pendekatan perencanaan kita menggunakan sistim perencanaan dari bawah keatas /bottom up planning.
Adapun tujuan forum PD adalah ; 

1. Menyelaraskan program dan kegiatan PD kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan

2. Mempertajam indikator serta target program dan kegiatan perangkat daerah kabupaten sesuai tugas pokok dan fungsi

3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah kabupaten dengan perangkat daerah lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah
4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah kabupaten.

Selanjutnya hasil kesepakatan pembahasan forum PD akan ditindaklanjuti setiap PD dalam melakukan penyempurnaan rancangan Rencana kerja PD yang nantinya akan dibahas dalam tahapan perencanaan berikutnya yaitu Musrsnbang RKPD Kabupaten Minahasa 2017 yang akan dilaksanakan dalam tahapan lebih lanjut.(Ronny Rantung)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD