HUT SHS
Headlines News :
Home » » April, Tahap I Dana Desa 2017 Mulai Bergulir

April, Tahap I Dana Desa 2017 Mulai Bergulir

Written By Unknown on Sabtu, 18 Februari 2017 | 02.42.00


Minsel, Identitasnews.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Selatan Drs Efer Poluakan menjelaskan, April tahap I Dana Desa tahun 2017 mulai bergulir. ‘’Ya, DD tahun 2017 senilai Rp 174 miliar mulai bergulir bulan April. Ini tahap pertama dari dua tahap tahun 2017. Namun, apakah dari 167 desa telah memasukan LPj DD tahun 2016 tahap kedua? Apabila masih ada desa yang belum selesai dengan LPj, maka dipastikan desa tersebut belum akan mendapat DD yang pagunya masing-masing desa telah diketahui,’’ kata Poluakan, Jumat (17/2/2017).
Dikatakan Poluakan, bahwa pagu DD tahun 2017 terhadap 167 desa di Minsel tidak semuanya sama. Rata-rata desa mendapat angka Rp 700-an juta. Mungkin, ada satu atau dua desa yang nilainya sekitar Rp 800-an juta.
"Seperti diketahui, bahwa Dana Desa tahun 2017 terjadi peningkatan drastic dari tahun 2016. Tahun 2016 berkisar Rp 100 miliar lebih. Sedangkan, DD tahun 2017 terjadi peningkatan sebesar Rp 174 miliar. Maka dari itu, pihaknya langsung membagikan melalui pagu anggaran setiap desa dilihat dari keperluan dan kesejahteraan desa,’’jelas mantan Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Minsel.
Ditambahkannya, harapannya supaya LPj DD tahap kedua tahun 2016 tidak ada masalah lagi. Supaya, saat pengusulan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Minsel tidak bermasalah lagi. ‘’Dengan demikian, Poluakan meminta kerjasama yang baik hukum tua, sekretaris dan bendahara desa untuk menindaklanjuti program bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE dan wakil bupati Franky Donny Wongkar, SH. Ingat, bila hukum tua melakukan berbagai tindakan melanggar hukum terkait dana desa. Dipastikan, hukum tua tersebut akan berhadapan dengan pidana. Bahkan, KPK RI sedang melakukan pengembangan terkait korupsi DD di Indonesia,’’sebutnya.
Ditemui terpisah, Wakil Ketua DPRD Minsel Franky Jirro Lelengboto, ST menilai agar supaya penggunaan Dana Desa untuk 167 desa di Minsel agar supaya dilakukan dengan baik. ‘’Juga, saya pesankan rakyat Minsel dapat mengawasi jalannya pembangunan melalui DD. Bila terdapat keganjilan, maka warga silahkan melapor ke Polres atau Kejari untuk diusut,’’pungkas Lelengboto.(Meyvo Rumengan)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD