HUT SHS
Headlines News :
Home » » Cuaca Ekstrim Tanda Waspada Bencana Alam 15 Januari 2014!

Cuaca Ekstrim Tanda Waspada Bencana Alam 15 Januari 2014!

Written By Unknown on Minggu, 08 Januari 2017 | 23.30.00


 Ratusan Pohon Tumbang Menimpa Jalan Dan Mobil

Tondano, Identitasnews.com – Sedikitnya terinformasi ada ratusan pohon tumbang menutupi jalan di beberapa lokasi vital Kota Manado, Minahasa, Minut  dan Tomohon pada Minggu (8/1) pukul 21.00 wita.
Hujan disertai angin kencang yang oleh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara akrab disapa dengan ‘Musim Barat’, melanda sebagian wilayah Kota Manado dan sekitarnya tanpa dapat dibendung.
Akibatnya, ratusan batang pohon dari yang berukuran besar sampai ukuran kecil, tumbang menimpa apa saja dibawahnya.


Sesuai pantauan www.identitasnews.com diruas Jalan Manado-Tomohon, Basarnas, Polres Tomohon, BPBD dan puluhan relawan terpaksa turun ke jalan melakukan tindak penerobosan dengan bersenjatakan belasan Shin-shaw (baca senso red-) alias gergaji mesin, memangkas batang-batang pohon yang tumbang di tiga titik jalan protokoler antar kabupaten-kota itu.
Melihat potensi macet semakin besar, sedangkan antrian kendaraan berderet dibawah pepohonan besar, Tim gabungan dibawah komando pihak Polres Tomohon segera merekayasa arus lalu lintas dengan jalan mengalihkan arah kendaraan dari Kota Tomohon, melalui Desa Rurukan keluar Desa Kembes hingga Ring-road, dan sebaliknya, kendaraan dari arah Manado dialihkan ke jalan yang sama.

Disamping itu kendaraan lainnya dialihkan melalui Desa Tinoor dan Desa Warembungan ke arah Malalayang. Dan dari Kota Tomohon kendaraan lainnya diarahkan turun ke Tanahwangko, mengingat di ruas jalan Tondano – Airmadidi (Desa Tanggari dan Desa Sawangan) juga mengalami hal serupa karena  di beberapa titik terjadi masalah yang sama yaitu pohon tumbang menutupi jalan alternatif tersebut.
Sementara pada waktu bersamaan, di wilayah ruas Jalan Kema-Rumbia, kejadian serupa terjadi pula.

Pohon-pohon tumbang berukuran besar terjadi di wilayah Desa Tinoor I lingkungan IV. Hal ini diper-parah lagi karena salah satu rumpun pepohonan berukuran besar, menimpa kabel listerik ditepi jalan. Kabel-kabel itu menyeret tiang listerik hingga terancam roboh.
Tapi berkat kesigapan tim gabungan dan PLN Minahasa, pemadaman aliran listerik segera dilakukan, dan langkah persuasif-pun dilakukan.


Kejadian ini mengingtkan masyarakat Sulawesi Utara untuk berhati-hati. Pasalnya, pada 15 Januari 2014 silam, beberapa hari sebelumnya, fenomena serupa sempat terjadi dimana di beberapa lokasi, terjadi angin kencang dan menumbangkan beberapa pohon.
Untuk itu masyarakat diminta waspada dan jangan mengambil resiko.(Ronny Rantung)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD