Iklan

Wabup Minut Hadiri RAKORNIS dan Lokakarya Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di NTB

Posted by jhon simbuang on Jumat, 25 November 2016

"Meningkatkan kreatifitas dan produktifitas masyarakat melalui teknologi tepat guna (TTG)" 



Wabup Lobi Alat VCO dan Keripik Buah Rambutan dan Duku, Serta Usulan Pembuatan Alat Panjat Kelapa

Mataram, Identitasnews.com - Bertempat di Aston Hotel and Convention Mataram NTB (24/11/16) dalam giat acara berskala nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bupati Minahasa Utara Vonnie Aneke Panambunan yang diwakilkan kepada Wakil BUpati Ir. Joppi Lengkong, hadir bersama beberapa jajaran terkait.


Menurut Lengkong, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai amanat UU Desa pada tahun anggaran 2015, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pengunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara nasional.

"Dan untuk mendiskusikan tentang pelaksanaan teknologi tepat guna, dalam laporannya Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ahmad Erani Mustika menyampaikan bahwa pengunaan teknologi tepat guna kepada masyarakat saat ini sangat berperan sekali dalam rangka mensukseskan berbagai program pemerintah, berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa," kata Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong melalui informasi stafnya.


Lanjutnya, pemberdayaan masyarakat yang berbasis penerapan teknologi tepat guna dan hal ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna Oleh karena itu,
"Pemerintah Daerah tetap memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan, pelayanan, dan pendampingan kepada desa dan masyarakat desa. Minut boleh berbangga, sebab dari sekian banyak kabupaten yang mengikuti kegiatan ini, Minut salah satu kabupaten di Indonesia yang ditiap desa sudah memiliki website sendiri sebagai komitmen pemimpin Ibu Bupati vonnie anneke panambunan dan saya," jelas Lengkong.


Dalam materi lokakarya, ada hal menarik disampaikan oleh Rektor Universitas Veteran Surabaya, hasil penelitian telah menghasilkan alat VCO yang dapat menghasilkan minyak VCO tahan 2 tahun tidak tengik dan alat pembuat keripik buah.
Sementara dalam diskusi, Wakil Bupati Minahasa Utara Ir. Joppi Lengkong yang juga suami tercinta ketua TP PKK Minut, Jeivi Lengkong Wijaya,STh SH menyampaikan usulan untuk kerjasama pembuatan alat VCO dan Keripik Buah Rambutan dan Duku, serta usulan pembuatan alat panjat kelapa. "Ini harus digagas disini, sebab semua yang kitasampaikan, memang ada di Minut, contohnya Buah Rambutan di Talawaan," tutup Wakil Bupati.
Pembicara lainnya Prof BEnyamin Lukitan yakni guru besar Universitas Sriwijaya, I Nyoman Seudi, Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat,Desa dan Kawasan Kementerian Koordinator PMK, DR. Suprayoga Hadi, Dirjen PDTU Kementerian Desa PDT dan lainnya.(Adevrtorial/Red)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

00.12.00

0 komentar:

Posting Komentar