Iklan

Astaga, KBO Lantas Minut Menghunus Sekop di Keramaian Umum Jalan Ringroad

Posted by jhon simbuang on Minggu, 20 November 2016

Kapolda Sulut dan Kapolres Minut Diminta Beri Atensi Terhadap Polisi Heroic Seperti Ini

Airmadidi, Identitasnews.com - Kalau berbicara Polisi, pasti ada-ada saja cemooh maupun tanggapan miring masyarakat terhadap lembaga vertikal yang satu ini. Pasalnya, tidak sedikit Polisi nakal yang berani melanggar aturan atau melakukan hal-hal bertolak belakang dengan profesi mereka sebagai salah satu lembaga hukum di Indonesia.


Sebut saja kasus Polisi terlibat perdagangan narkoba. Atau Polisi main tembak sembarangan, bahkan adapula kasus Polisi terlibat kasus pencabulan.
Namun walau demikian ada juga sepak terjang Polisi yang termasuk dalam perbuatan menghibur, heroic, bahkan unik. Sebut saja Normn Kamaru mantan anggota Brimobda Polda Gorontalo yang mampu menghebohkan ribuan pengunjung youtube dengan lagu Chaya-Chaya.

Ada lagi perwira Polri tak kenal gentar duel dengan kelompok teroris dalam kasus bom Kuningan Jakarta. Dan banyak lagi aksi aparat hukum pelindung masyarakat tersebut, mengundang perhatian publik karena nilai positifnya.

Di Polres Minut, dalam satu minggu terakhir ini ada fenomena unik yang menggemparkan dunia maya, di mana kamera seorang pemilik akun facebook berinisial FL telah mengunggah foto seorang Polisi Lalu Lintas sedang berdiri ditengah jalan serius mengatur lalu lintas, namun bukannya memakai fasilitas Polri, sebaliknya Polisi berpangkat Inspektur Dua (IPDA) justru memegang sebuah alat sekop.

Dilihat sepintas Polisi ini sedang marah-marah, sehingga semakin banyak pengunjung facebook ingin tahu apa sebenarnya latar belakang yang membuat Polisi beradan kekar itu berdiri dengan sekop ditengah jalan.
"Ahhh Polisi itu tidak marah-marah, dia malah begitu serius mengatur lalu lintas sebab disini rawan macet," ujar Yance Bayak warga Kuwil yang kebetulan melalui perempatan Ringroad dengan sepeda motornya Sabtu (19/11).
Setelah diteliti, ternyata Polisi berpangkat Satu Balak atau Ipda itu ternyata dia adalah Ipda Rusman yang kesehariannya bertugas sebagai KBO Lantas Polres Minahasa Utara.
Seperti biasanya, perwira berbadan kekar yang dikenal akrab dengan semua Wartawan di Biro Minut itu, memantau, memback up anak buahnya bahkan Ipda Rusman kerap turun langsung mengawal kelancaran lalu lintas sesuai tanggung jawabnya.
Hari itu selesai hujan, melihat kendaraan mulai melambat dan berpotensi macet berkepanjangan, naluri Polisi dari Ipda Rusman segera membawa dia mencari penyebab kemacetan itu. Tak hitung tiga, Rusman bergegas menuju sekelompok buruh yang sedang mengerjakan proyek jalan dan jembatan perempatan Ringroad, lalu menuju ke bagian jalan yang berlubang terbelah memanjang, kemudian sambil sekali-sekali mengarahkan kendaraan ke bagian yang aman, walaupun berseragam lengkap, Rusman tanpa segan-segan menyekop tanah sembari menutupi lubang memanjang ditengah jalan akibat diguyur hujan.

Aksi improvisasi berupa keputusan bijak yang diambil Ipda Rusman, tanpa disadarinya telah menuai decak kagum dan tepukkan tangan bagi para pengguna jalan yang kebetulan menyaksikan tindakan perwira muda tersebut.
"Setengah abad lebih malang melintang diseluruh jalan di Sulut ini, baru kali ini saya melihat Polisi berseragam begitu sportif mengambil tindakan kepentingan umum sementara saat itu ia sangat sibuk. Selain tidak memikirkan keselamatan dirinya, saya anggap Polisi ini pantas dianugerahi pangkat dan jabatan setimpal dengan tanggung jawabnya," kata Ferry Pontoh pengemudi truk asal kolongan.


Hampir setiap pengendara yang melintas kawasan Ringroad, Kota Manado, pasti sering melihat Ipda Rusman, mengatur arus lalu lintas. Panas terik maupun hujan, tak menyurutkan langkah Ipda Rusman menciptakan situasi kondusif dan kenyamanan warga berlalu lintas.
Belakangan, sosok Polisi bertubuh kekar ini, mendadak ramai pujian, bahkan fotonya saat menjalankan tugas sebagai pengatur lalu lintas di ruas jalan Interchange Ringroad, Minut-Manado, mendadak jadi viral di Medsos Facebook.

Dalam aktivitasnya pada Sabtu (19/11) 2016 siang, Ipda Rusman seperti biasanya sibuk mengatur lalu lintas yang memang padat di jalur Interchange dari arah Maumbi Minut menuju Manado maupun sebaliknya. Di tengah mengatur arus lalin, Ipda Rusman rupanya menimbun tanah yang menghambat arus lalin, apa lagi ruas jalan Interchange Ringroad dalam perbaikan.
Aksi heroic Ipda Rusman ternyata ditanggapi positif warga Sulut. Itu setelah foto-foto tersebut diunggah ke Group Manguni Team 123 Reskrimum milik Polda Sulut oleh akun Facebook bernama FL. Dalam sehari saja ribuan pengunjung menghujani Like dan Komentar positif terhadap foto Ipda Rusman tersebut.


Kebanyakan komentar para pengunjung adalah meminta Kapolda Sulut dan Kapolres Minut, memberi atensi, penghargaan dan promosi jabatan strategis untuk perwira POLRI yang satu ini.
Sementara Ipda Rusman sendiri ketika dikonfirmasi dan dimintai tanggapan bagaimana perasaannya ketika menjadi Tranding Topic paling terkenal tahun 2016 ini didunia maya, via WA-nya, dia menanggapi dengan dingin, "Dimonitor,,,biasa jo too! hehehe," tanggap Rusman.
Selamat ya Ipda Rusman, anda adalah topic berita terlaris di Sulut, sesuai versi www.identitasnews.com dan kami optimis karier anda bakal cepat alami peningkatan.(Red)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

05.30.00

0 komentar:

Posting Komentar