Iklan

SMAN 1 Kakas Kelompok Wirausaha Ekonomi Kreatif Budidaya Tanamam Cabe Rawit Dewata

Posted by jhon simbuang on Jumat, 14 Oktober 2016

"BUDIDAYA RICA DI SMKN 1 KAKAS, UNGGUL"


Tondano, Identitasnews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), terus menggalang budaya cinta tanam-menanam bagi para siswa dan guru, dalam bentuk program peningkatan ketahanan pangan.
Untuk SMKN 1 Kakas, budidaya bahan dapur yang diseriusi sampai saat ini adalah jenis BARITO (Bawang,Rica, Tomat). Sekolah prestasi di Kabupaten Minahasa ini, menggenjot peningkatan tanaman Holtikultura yang paling inti adalah benih tanaman Cabe (dalam bahasa Manado, disebut Rica red-).
Pemerintah Kabupaten Minahasa, melalui Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadis Dikpora) Jemmy Maramis, sesuai pantauan media ini, turun langsung  melakukan pelatihan menanam Rica pada Kamis (13/9)2016 silam, di dampingi beberapa staf Dikpora dan Kepala Sekolah SMKN 1 Kakas, Masyon Kantale.
Turut hadir pula para orangtua murid serta beberapa kepala sekolah diantaranya Kepsek SMK Remboken Sem Rumagit, dan kepala sekolah lainnya.
Jemmy Maramis kepada hadirin mengatakan, pelatihan ini mendorong serta  membangkitkan kreatifitas bagi para murid sekolah, agar kedepan nanti setelah menyelesaikan dunia pendidikan, telah dibekali kreatifitas serta disiplin ilmu yang tetap tertanam dalam diri.
“Lulus nanti, kita kan tidak langsung mendapat pekerjaan, nah sambil menunggu lowongan pekerjaan sesuai disiplin ilmu, para murid bisa menyalurkan bekal kreatifitas dalam waktu luangnya dengan cara berkebun dan bisa punya penghasilan minimal untk kebutuhan sehari-hari,” tutur Maramis.


Pejabat berdarah Likupang Minut itu juga mengingatkan, bahwa kita jangan memandang sebelah mata terhadap pekerjaan tani. “Ingat, kita orang Minahasa sudah menekuni pertanian semenjak jaman nenek moyang kita. Terbukti, mereka bisa menyekolahkan orangtua kita sampai ke anak cucu. Inti dari semua ini adalah, punya ilmu, paham tentang budaya menananm, dan menekuni setiap usaha. Tak sedikit petani yang sukses sampai sekarang ini,” pungkas Maramis.
Hal senada sama Kepsek SMKN 1  Masyon Kantale menjelaskan selaku kepala sekolah tentunya dia wajib menopang kemauan anak murid hal positif kreatifitas.
“Pilihan mereka adalah menanam Rica Cabe yang bertepatan masuk dalam Program Peningkatan Pangan yang digalang Pemerintah. Kami berharap, dengan adanya pelatihan seperti ini, maka anak-anak didik ini menjadi banyak disiplin ilmu, yang kelak, dapat mereka terapkan dalam lingkup lebih luas, yaitu dalam bermasyarakat dan bernegara,” ujar Kantale ramah.


Pihak SMKN 1 Kakas juga melalui Kepala Sekolah Masyon Kantale, mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Minahasa yang telah memberi peluang dan bekal ilmu kepada anak-anak didiknya.
“Untuk Bapak Bupati DrsJantje W Sajouw MSi dan Wakil Bupati, Bapak Kadispora Minahasa yang telah turun langsung dan menurunkan tim melakukan pelatihan kepada anak-anak didik kami, tentu kedepan nanti anak-anak ini akan mencetak lapangan pekerjaan yang dapatr menjadi dongkrak PAD bagi Kabupaten Minahasa, sebab mereka sudah tahu memanfaatkan lahan,” ucap Kantale penuh haru.(Ronny Rantung)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

06.30.00

0 komentar:

Posting Komentar