Iklan

Lomban : ASN Pungli "Saya" Pecat

Posted by jhon simbuang on Selasa, 18 Oktober 2016


Bitung, Identitasnews.com - Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSI secara tegas menyampaikan “jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) kedapatan melakukan pungli maka saya tak segan untuk mengambil tindakan pemecatan, “tegas Lomban, saat memimpin rapat evaluasi bersama SKPD dan Lurah bertempat BPU Kantor Pemkot Bitung, Jumat 14/10.
Dijelaskan, akibat pungli sudah ada pejabat yang telah dibebastugaskan dan seorang pegawai sementara menjalani proses pemecatan, tentunya bagi mereka yang bermasalah dengan pungli saya tida bisa membantu dan memberikan toleransi, olehnya Saya tegaskan agar segenap ASN “Jangan” melakukan pungli terutama terkait Layanan Publik, begitu pula dengan pungutan tidak resmi disekolah khususnya yang menerima BOS, “tegas Lomban.
Beliau menambahkan pemecatan akibat pungli tidak hanya berlaku bagi PNS, namun juga para Tenaga Harian Lepas (THL), Kepala Lingkungan (Kaling/Pala) dan Rukun Tetangga (RT) sebab meraka termasuk dalam ASN karena digaji oleh pemerintah.
Menurutnya, langkah tersebut diambil sebagai konsekuensi atas tindakan aparat yang dinilai tidak baik saat melayani masyarakat, Dimana hal ini juga sebagai tindak lanjut Presiden RI Jokowi yang mengecam terhadap pungli, “ujar Lomban.
Sebagai langkah mengatasi pungli, Lomban memintakan kepada segenap SKPD segera menyususun dan menyiapkan Standard Operating Prosedure (SOP) secara jelas prosesnya jika perlu termasuk pembiayaannya, dan ini demi menciptakan tranparansi layanan publik yang baik. ”jelasnya.
Adapun 4 hal yang menjadi objek yang terdapat dalam perda menyangkut tarif seperti Ijin mendirikan bangunan, Ijin Ganguan (HO) adalah izin tempat usaha/kegiatan kepada pribadi atau badan hukum yang menjalankan suatu bidang usaha yang berpotensi menimbulkan bahaya, kerugian dan gangguan masyarakat serta kelestarian lingkungan hidup serta Ijin Usaha menjual miras, Ijin Trayek.
Lomban juga memintakan agar masyarakat turut memantau dan mengingatkan pemerintah terkait pungli juga masyarakat yang merasa dirugikan akibat pungli dapat melaporkan berdasarkan bukti akurat kepada Saya, maka pastinya akan ditindak, “kunci Lomban, yang saat tersebut didampingi Plt. Sekretaris Kota Bitung Drs Malton Andalangi.(Marcel Rorong)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

02.30.00

0 komentar:

Posting Komentar