Iklan

BILLY BAKERY AND CAFE LOUNCHING DI BANDARA SAMRATULANGIE LANTAI II

Posted by jhon simbuang on Jumat, 09 September 2016

Roti Abon Gulung Manokwari Rasa Roa, Menu Andalan Billy Bakery Cafe

Airmadidi, Identitasnews.com - Nama Billy Lie investor dari Manokwari Papua, akhir-akhir ini mulai terkenal di Kabupaten Minahasa Utara. Pengusaha bernama Cina-nya Afong ini berbeda dengan pengusaha atau investor lain yang masuk ke Sulawesi Utara, khususnya Minut.

Kalau investor pada umumnya masuk mengincar kekayaan alam seperti pertambangan, sebaliknya Billy Lie (Afong) justeru mengincar kecantikan alam dan kekayaan kuliner di Kabupaten Minahasa Utara.

Siapa Billy Lie atau Afong ini? Dia adalah sosok pria Tionghoa yang mengawali bisnis di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, kemudian merambat perlahan sampai ke Kota Sorong.
Logo Billy, mulai dikenal di Jayapura dengan Cafe bernama Billy Bakery. Di Jayapura dan Manokwari, ada sajian roti dengan nama Manokwari Bakery yang identik dengan lima (5) rasa, yaitu rasa ayam, sapi, meises, keju, tuna. Dalam waktu dekat, Billy Café ini merambat sampai ke Kota Sorong.
Melihat usaha Roti ini digandrungi masyarakat, Afong mulai membuka usaha lain seperti travel, jasa penginapan/hotel, dan lain-lainnya sehingga menguat di wilayah paling Timur NKRI.
Tahun 2014, Afong mengawali investasi di Minut dengan membuka restoran plus wahana hiburan GUNUNG KEKEWANG di Desa Tetey Jaga V Kecamatam Dimembe, Minut. Kenapa Afong melirik Minahasa Utara bukan Maluku atau tempat laiinya di Indonesia?
Semua terjadi bukan karena bertepatan atau spekulasi. Ternyata Afong punya ikatan kuat dengan Kabupaten Minahasa Utara, sebab isteri tercinta Afong (Billy Lie) bernama Deiby Debora Pangemanan, adalah Keke Minut alias puteri Tonsea dari Desa Tetey Kecamatan Talawaan.
Deiby Pangemanan adalah inspirator yang memotifasi Billy Lie untuk berinvestasi di Kabupaten Minahasa Utara.
“Membuka Restoran Kekewang dengan luas 2 hektar, saya hanya bertujuan buka lapangan kerja karna saya orang Tetey. Melihat keseriusan saya, suami berpikir untuk lebih serius dengan menambah luas GUNUNG KEKEWANG menjadi 7 hektar lebih setelah membeli 5,2 hektar lagi,” tutur Deiby Pangemanan kepada www.identitasnews.com Sabtu (10/9).
Melirik bisnis di Minut, lanjut Deiby tentu saja sudah melalui berbagai analisa dan kajian yang matang. “Saya berinvestasi di Minit sebagai aset hari tua. Saya orang Tetey, dan tidak menutup kemungkinan, satu saat saya dan keluarga saya harus kembali ke kampung halaman saya. Jadi, perlahan – lahan saya dan suami mulai membuka usaha disini, demi hari depan kami dan masyarakat Minut tentunya," jelas Deiby.

Saat RESTORA GUNUNG KEKEWANG mulai ramai dan kian besar, Deiby melebarkan usahanya di Bandara Samratulangie. Namun usaha Roti saat itu tidak berlangsung lama, mengingat kesibukan Afong dan Deiby di Papua masih sangat sulit untuk membagi waktu, mereka memilih menutup dahulu usaha tersebut.
Tahun 2015, Deiby yang sebelumnya merupakan Anggota DPRD Provinsi Papua Barat, mengambil keputusan untuk tidak maju lagi ke kancah politik. Ia memilih beristirahat dari kancah politik, dan membesarkan investasinya.
Memang berat bagi seorang Deiby Debora Pangemanan meninggalkan kursi Anggota DPRD Provinsi Papua Barat, karena selama menjabat anggota dewan, Deiby ternyata banyak berbuat untuk masyarakat pribumi, sehingga saat wanita cantik yang santun namun tegas itu, mendapat protes hebat dari para Kepala Adat Irian (kisahnya akan di rilis di pemberitaan lain red-).
Lepas dari tanggung jawab sebagai politisi Partai DEMOKRAT, Deiby membuka café di Bandara Samratulangie dengan nama "BILLY BAKERY CAFE" di Bandara Samratulangi Lantai II, tepatnya di hadapan koridor keberangkatan (domestik internasional).
BILLY BAKERY CAFE di Badara Samratulangie tampil wajar-wajar saja seperti kios lainnya dengan menempati sudut ruang sehingga berbentuk L. Namun kendati ruangannya tergolong kecil karena harus ikut aturan otoritas bandara, menu yang disajikan BILLY BAKERY CAFE sedikit berbeda di banding cafe pada umumnya di Sulut.
“Kami tampil dengan kuliner andalan Billy Bakery berupa Roti Abon Gulung Manokwari. Tapi disini kami menyajikan menu spesial yang dikolaborasi dengan sajian Roti Abon Gulung Manokwari sehingga bertambah nama menjadi Roti Abon Gulung Manokwari Rasa Roa,” beber Deiby.

Lanjut Dieby, kenapa di Manado dia memakai Roti Abon Gulung Manokwari memilih meni ikan rasa ROA, bukan Cakalang, menurutnya, usai melalui beberapa pertimbangan, ROA harus jadi menu andalan mengingat Cakalang tidak bisa bertahan lama dan cenderung bisa gatal.
“Kalau Roa kan kita semua tau sampai dimana ketahananya, biar berbulan-bulan, asal dimasak dengan betul, Roa bisa bertahan lama,” tandas wanita berparas cantik itu.

Saat menggelar louncing pembukaan BILLY BAKERY CAFE yang dilakukan salah satu Pastor dari Paroki, Deiby mengundang Bupati Vonnie Aneke Panambunan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.
Tapi karena bupati, Wakil Bupati dan Sekda sibuk, yang hadir dalam lounching perdana adalah Asisten I  Ir. Ronny F Siwi.
Usai menggelar ibadah, di-doakan Pastor, BILLY BAKERY CAFÉ secara resmi dinyatakan di buka.

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anekle Panambunan melalui Asisten I Ir. Ronny F Siwi, memberi apresiasi kepada pihak owner  BILLY BAKERY CAFE . Menurut Siwi, kehadiran café ini dapat mengangkat nama Kabupaten Minahasa Utara ke dunia luar.
"Produk Billy Bakery sudah terbukti kelezatannya, di mix dengan paduan aneka rasa internasional dan diselipkan rasa Roa ciri khas orang Sulut, akan menjadi satu memori bagi para wiosatawan mancanegara yang menciipinya. Tinggal strategi marketing pihan owner saja yang akan buat terobosan menjadi menu cendramata yang handal dan bisa bersaing dengan sajian kulinert lain di belahan Bumi Nusantara ini,” tukas Siwi.
Setelah resmi dibuka, maka BILLY BAKERY CAFÉ pun langsung beroperasi. Dengan harga yang mudah dijangkau, tidak mengheranan kalau saat itu juga  BILLY BAKERY CAFE  langsung diserbu pelanggan baik para penumpoang pesawat lokal, maupun domestik. Sukses ya buat BILLY BAKERY CAFÉ…
Bagi orang MANADO, jangan ketinggalan, marijo torang rasa itu Roti Abon Gulung Manokwari Rasa Roa. Dia pe tampa ada di Bandara Samratulangie Lantai II, di koridor keberangkatan Internasional. Dijamin murah dan 100% halal.(John)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

22.30.00

0 komentar:

Posting Komentar