Iklan

Turun ‘Ba Pete Milu’ di Minut Dengan Gub Olly, Mentan RI Sebut Bupati VAP Wanita Petarung

Posted by jhon simbuang on Jumat, 26 Agustus 2016

Airmadidi, Identitasnews.com – Menteri Pertanian Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, memanen jagung bersama Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Wabup Ir Joppi Lengkong di Desa Tontalete Kecamatan Kema Jumat (26/8).

Tidak tanggung-tanggung, Menteri Pertanian (Mentan) RI Dr Ir Andy Amran Sulaiman, berjanji akan memenuhi semua kebutuhan petani Minut baik trektor, bibit, mesin pompa, dan sebagainya.
“Petani Minut mau bantuan apalagi ? Minta apa, berapa banyak pun aku kirim!” ujar Mentan ketika melakukan panen jagung di Desa Tontalete Kecamatan Kema Minut untuk menunjang gerakan tanam dan panen jagung bersama Kementan RI, AD dan Pemprov Sulut.
Bersama Bupati dan wabup Minut, Mentan ikut menanam bibit jagung bersama Bupati dan wabup Minut.
Pernyataan Mentan merunjuk pada keberhasilan petani Minut dalam menanam jagung.
Menurut Mentan, banyak bantuan di beberapa daerah di Indonesia yang harus ditarik kementerian karena tidak mengelolah seluruh bantuan dengan baik.
Ini berbanding terbalik dengan antusias petani Minut yang senang menggarap lahan tidur.
“Saya bangga dengan antusias petani Minut. Kalau tahun lalu kementerian sudah memberi bantuan untuk 50 ribu hektar lahan jagung, tahun depan kami tambah bantuan untuk menggarap 100 ribu hektar lahan untuk Sulut. Khusus untuk Minut, kalau bisa garap 40 ribu hektar lahan, saya kirim semua bantuan kesini,” ujar Mentan.
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya melaporkan, lokasi panen jagung di Kecamatan Kema kurang lebih 400 ha lahan dalam pengawasan dari total 900 ha lahan di kecamatan tersebut.
Kawasan ini, menurut Panambunan sangat spesifik karena sebagian besar lahannya berada di bawah pohon kelapa. Dimana, potensi lahan di bawah pohon kelapa di Minut seluas 46.384 ha, sedangkan realisasi tanam jagung sudah mencapai 9.927 ha dari target 11.259 dengan produksi rata-rata 4,5 sampai 6 ton per hektar.
“Dalam upaya pencapaian target tersebut, petani terus diberikan motivasi dan bantuan serta pengawalan dari penyuluh pertanian dan TNI Polri dalam hal ini Babinsa serta unsur lainnya. Oleh karena itu saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak menteri, gubernur, TNI dan semua unsur yang mendukung kelancaran penanaman jagung sampai hari ini kita memanen hasilnya,” ujar bupati.
Selain Mentan, hadir pula Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Agusto Sulaiman, Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Supartodi SE MSi, Kapolda Sulut Irjen Pol Wilmar Marpaung, Wakil Bupati Minut Ir Joppi Lengkong, Paban III/Wanmil Sterad, Kajati TM Syahrizal SH, Ketua Pengadilan Tinggi Sudiwardono SH MHum, Danlantamal Laksamana Pertama TNI Suselo, Danlanud Kolonel Penerbang Djoko Tjahjono SE, Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan, Ketua TP PKK Minut Jeivy Lengkong Wijaya STh, serta Forkopimda Sulut dan Forkopimda Minut.

Adapun sejumlah bantuan yang diserahkan Mentan kepada kelompok tani, diantaranya mesin trektor, mesin pompa air, motor roda tiga pengangkut hasil panen, bantuan benih, dan bantuan-bantuan lainnya.(Advertorial/John)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

17.30.00

0 komentar:

Posting Komentar