Iklan

Tetty Dan Dinas Kehutanan Minsel Gelar Iptek Pengembangan Agroforestry Serta Budidaya Dan Teknik inokulasi Gaharu Di Desa Elusan

Posted by jhon simbuang on Kamis, 25 Agustus 2016

Amurang, Identitasnews.com - Keseriusan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) khususnya Dinas Kehutanan dalam menggalang program Minsel Hijau, tidak main-main.
Jumat (25/8), Bupati Christiani Eugenia Paruntu (Tetty), didampingi Kadis Kehutanan Minsel Ir. Frans D Tilaar SP. MSi dan beberapa jajarannya, menghadiri kegiatan Gelar Iptek Pengembangan Agroforestry Serta Budidaya Dan Teknik Inokulasi Gaharu di Desa Elusan Kecamatan Amurang Barat, Minahasa Selatan, pukul 12.00 wita.

Pemerintah Kabupaten Minsel menghadirkan Tim Kementerian Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan BP2LHK dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sulawesi Utara.
Pemerintah mensosialisasikan pembudidayaan bibit Kayu Gaharu dan beberapa vitamin serta produk pemeliharaan Pohon Gaharu tersebut. “Ini sebuah terobosan yang positif, mengingat di Kabupaten Minsel ini, kita sempat kehilangan beberapa bagian hutan gara-gara kebakaran hebat dimusim kemarau beberapa bulan yang lalu,” kata Bupati cantik pilihan rakyat Minsel itu.
Saat Tim Kementerian Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan BP2LHK Manado itu mempraktekkan system injeksi vitamin pada salah satu pohon Gaharu, wanita enerjik yang berkulit halus ini tak sungkan-sungkan, langsung melakukan injeksi pada pohon tersebut.
“Masyarakat Minsel harus memahami cara pembudidayaan Pohon Gaharu ini, sekaligus memahami langkah-langkah teknis terhadap kesinambungan bertambahnya bibit Pohin Gaharu untuk Minsel tercinta ini. Jangan lupa, harga Kayu Gaharu kian hari kian meningkat,” tukas Tetty.
Dengan memahami cara pembudidayaan Pohon Gaharu, lanjut Bupati Tetty, tidak menutup kemungkinan dalam waktu beberapa tahun masyarakat Minsel sudah bisa menjadi pengusaha kay Gaharu. "Kalau tidak jadi pengusaha Kayu Gaharu, minimal kita sudah mampu menanam dan menyediakan stok kayu yang bernilai tinggi ini menjadi sumber PAD dan pencipta lapangan pekerjaan untuk masyarakat Minahasa Selatan.(Meyvo Rumengan)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

19.30.00

1 komentar:

  1. saya menjual 1200 pohon gaharu umur15 tahun diameter 35-45cm harga Rp.1,5juta/pohon lokasi kalimantan timur hub 085222440659/081322384757

    BalasHapus