Iklan

PENYALURAN 'DANDES' TAHAP SATU, SELESAI

Posted by jhon simbuang on Rabu, 24 Agustus 2016

Talaud, Identitasnews.com - Pemerintah Daerah terus menggenjot penyaluran Dana Desa (Dandes) tahap satu untuk 142 desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, dan dipastikan Dandes tahap satu sudah selesai tersalurkan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Samuel Sala'a, SAP kepada Media ini Rabu (24/8).
" Untuk tahap satu sudah disalurkan 100 persen , kami tinggal melihat progres penggunaanya," ujarnya.
Meski demikian kata Salaa, ada beberapa desa belum dicairkan kepala desa oleh karena ada penyesuaian. Tetapi intinya semua Dandes sudah ke rekening desa. "sesuai ketentuan Dandes tidak boleh lama di daerah jadi semua harus ke desa. Untuk pencairannya, ada empat dokumen persyaratan diantaranya, RPMJ-Des, RKPD, APB-Des, untuk Talaud semua sudah menggunakan Simda. jadi ketika dokumen sudah masuk di kabupten disesuaikan dengan Simda ketika ditetapkan lalu dicairkan. Intinya Dandes yang masuk sudah ada di rekening desa," jelas Samuel Sala'a.
Dia juga menambahkan, tugas pemerintah daerah saat ini, tinggal menyampaikan Peraturan Bupati (Perbup) ke kementrian tentang Dandes ini. "Saat ini kami tinggal mengawasi pelaksanaan dan penggunaanya dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kami akan turun ke lapangan," katanya sembari mengundang rekan-rekan Wartawan untuk memantau penggunaan anggarannya.
Sementara itu, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE mengharapkan agar dana transfer harus dipergunakan sebaik mungkin baik fisik maupun pemenuhan ekonomi masyarakat harus dipertanggung jawabkan. "Kades- kades harus mengetahui kebutuhan masyarakat, jangan pergunakan dana desa ini ke hal-hal yang tidak pro masyarakat," kata Manalip dengan nada tegas.

Sekedar diketahui bahwa jumlah anggaran Dandes tahap satu Rp 51.111.422.400, sementara untuk tahap dua Rp 34.602.353.000. (Onal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

16.30.00

0 komentar:

Posting Komentar