Iklan

DIDUGA KORSLET, RUMAH MANTAN BUPATI MINAHASA TERBAKAR HINGGA MEREMBET KE GEREJA GPDI HOSANA

Posted by jhon simbuang on Selasa, 30 Agustus 2016

Tondano, Identitasnews.com - Si jago merah menjilat satu unit rumah panggung semi permanen milik mantan Bupati Minahasa Drs. Stevanus Vreeke Runtu dan bangunan Gereja GPDI Hosana dengan luas 10 x 18 m Desa Tonsealama Jaga III Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara.

Kronologis kejadian, Senin 29 Agustus 2016 berdasarkan keterangan saksi Ibu Joice Wenas (46) selaku Hukum Tua Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara, bahwa pada pukul 00.50 wita, saksi berada dirumahnya yang berdekatan dengan rumah tempat terjadi kebakaran dimana berawal.

Awalnya saksi mendengar ada bunyi kaca yang pecah dari rumah itu. Kemudian saksi keluar dari rumahnya dan melihat ada gumpalan asap yang keluar dari kamar depan rumah yang terbakar, lalu kaca kamar bagian depan pecah karena api sudah mulai membesar serta menyebar keruangan tamu bagian depan.
“Saya langsung memanggil manggil masyarakat sekitar dan kemudian menghubungi pemadam kebakaran,” katanya.
Sementara dari keterangan saksi ke 2 Friska Sorongan (27) warga Jaga 3, saat kejadian saksi berada didalam Pastori Gereja GPDI Hosana Tonsea Lama bersama kedua anaknya.
“Saya melihat ada api yang berasal dari rumah milik Bapak Drs. Stevanus Vreeke Runtu dimana rumah tersebut berdekatan dengan Gereja GPDI Hosana, setelah api semakin membesar, saya bersama kedua anak saya segera menyelamatkan diri keluar dari Gedung Gereja,” jelasnya.
Saat kebakaran terjadi, setelah menerima tepon Kumtua, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa langsung menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil damkar milik Pemkab Minahasa Utara yang mendatangi TKP untuk memadamkan api dan api dapat dipadamkan pada pukul 02.35 wita.

Peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian meterial baik kerugian pada rumah Milik Bapak Drs. Stevanus Vreeke Runtu dan Gereja GPDI Hosana Tonsea Lama, di perkirakan sekitar Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah).

Hasil pulbaket personil dilapangan bahwa saat terjadi kebakaran rumah itu dalam keadaan kosong, karena pemilik rumah bersama keluarganya selama ini tinggal di Kota Manado.
Adapun sebab sehingga kebakaran itu bisa mencapai gereja, dikarenakan posisi rumah serta gereja yang terbakar sangat berdekatan (berbatasan dinding), sehingga saat rumah Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut itu terbakar, api dengan cepat merembet ke gedung Gereja GPDI Hosana.
Polres Minahasa ketika mendapatkan informasi terjadinya peristiwa kebakaran langsung mendatangi TKP, dibawah pimpinan Kabag Ops Polres Minahasa Kompol Suharman Sanusi, SIK bersama Peleton Siaga Piket Fungsi Dan Personil Polsek Toulimambot.
Menurut Kabag Ops kompol Suharman yang biasa di sapa Pak Arman, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat. “Namun dugaan sementara kebakaran karena hubungan arus pendek listrik,” kata perwira yang dikenal ramah denganwartawan itu.(Haris)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

05.30.00

0 komentar:

Posting Komentar