Iklan

Desa Tonsewer Sukses Laksanakan Pilhut Yang Tertunda, Hanny Lepa Jadi Kumtua Terpilih

Posted by jhon simbuang on Jumat, 26 Agustus 2016

 POLRES MINAHASA KAWAL KETAT PILHUT DESA TONSEWER 


Tondano, Identitasnews.com - Setelah pelaksanaan pilhut (pemilihan Hukum tua) di 78 desa di Kabupaten Minahasa yang berakhir dengan aman dan kondusif, kini panitia pilhut Desa Tonsewer Kecamatan Tompaso Barat Jumat (26/08/2016) akhirnya melaksanakan pemilihan hukumtua yang tertunda pekan lalu.
Ketua panitia Roni Sumilat SE, mengatakan bahwa dalam pertarungan kali ini ada 3 calon," Iya benar bahwa ada 3 kandidat yang maju untuk mencalonkan diri masing masing bernama Aldo Repa, Oldi Mamesah, dan Hani Lepa,” bebernya.
Jumlah pemilih yang masuk DPT, lanjut Sumilat, sebanyak 635 pemilih, ditambahkan dengan daftar pemilih khusus (DPK) sehingga jumlah pemilih sudah mencapai 97%. “Itu merupakan grafis yang menyatakan yang mana hamper seluruh masyarakat desa telah menggunakan hak pilihnya,” beber Sumilat.
Sementara itu sekitar pukul 13:00 Wita Bupati Minahasa yang di wakili oleh Asisten 1,Kaban BPMPD,Camat Tompaso, turut hadir bersama beberapa anggota DPRD Minahasa, menyaksikan Pilkades itu.
Asisten 1 Pemkab Minahasa Drs.Denny Mangala mengatakan, penyelenggaraan pemilihan hari ini (26/08 red-) di Minahasa, ada 2 desa. Pertama di Desa Tonsewer dan ke-dua Desa Sea.
“Mengenai kenapa tertundanya pilhut di desa-desa ini di sebabkan pencalonan hukumtua belum memenuhi syarat karna hanya 1 calon, padahal Undang undang tentang pilhut tidak memperbolehkan sehingga pemilihan itu jadi ter-pending."ungkap Asisten 1 Pemkab Minahasa Drs.Denny Mangala.
Mengenai masalah keamanan terlaksananya kegiatan pilhut di Desa Tonsewer, itu tak luput dari peran serta Polres Minahasa yang siaga menurunkan sekitar 40 personil untuk melakukan pengamanan yang di pimpin langsung Kabag Ops Kompol Suharman yang dikenal telaten dalam mengawasi kinerja anggotanya.
Sukses pengamanan yang dikawal perwira berpangkat Satu Bunga ini, tidak serta merta membuat seorang Kompol Suharman berbangga diri. “Ini semua juga terlaksana berkat pemahaman rakyat terhadap pemilihan kepala desanya. Suasanabisa kondusif, karena masyarakat disini sudah tahu aturan danhukum yang berlaku. Selain itu, semua juga terlaksana berkat kesadaran masyarakat Tonsewer kian hari kian membesar,” kata Suharman ramah.
Hasil dari pemilihan kumtua Desa Tonsewer dengan suara terbanyak calon adalah calon dari nomor urut 3 atas nama Hanny Lepa.
Ia memperoleh 368 suara yang di susul Oldi Mamesah 251 suara, sedangkan untuk Aldo Lepa, hanya meraih 1 suara.(Haris)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

20.00.00

0 komentar:

Posting Komentar