HUT SHS
Headlines News :
Home » » Demi Hindari Masalah Hukum, Kussoy Tegaskan Kontraktor Bekerja Jangan Main Api

Demi Hindari Masalah Hukum, Kussoy Tegaskan Kontraktor Bekerja Jangan Main Api

Written By jhon simbuang on Jumat, 05 Agustus 2016 | 11.30.00

Kadis PU: “PPK-PPTK Yang Nakal, Saya Rekomendasi Copot”

Tondano, Identitasnews.com – Sebagai instansi pemerintah yang bertugas mengawasi, mengawal dan melaksanakan pengelolaan Uang Negara berupa Proyek Infrstruktur, Dinas PU adalah salah satu instansi yang paling sensitif serta paling dekat dengan ranah hukum.
Pasalnya, instansi seperti Dinas PU ini merupakan salah satu dari sekian kaki meja Pemerintah Daerah yang oleh masyarakat umum disebut “Tempat Basah”.
Seperti kabupaten/kota dan provinsi lainnya di NKRI, di Kabupaten Minahasa, Dinas PU juga  juga sama saja layaknya. Tak mengherankan jika aneka isu dan pemberitaan, kerapkali cenderung menyudutkan instansi pemerintah yang satu ini.
Beberapa waktu lalu, LSC (Lembaga Sosial Control LI TIPIKOR menerima informasi yang berhembus, dimana ada dugaan permainan penyelesaian proyek Dana APBN APBD seperti dana DAK 2015-2016.
“Bagi kami, isu dan iformasi semiring apapun yang masuk, tidak membuat kami langsung ambil sikap, sebab kita harus bertindak professional,” tutur Ketua DPP Yoseph Lengkong, melalui Koordinator Intelijen John Robert Jumat (05/8).
Pasalnya lanjut Robert, sudah banyak informasi dan data yang masuk ke li tipikor, TAPI KEBANYAKAN JUGA ADALAH DATA MENTAH. “Kan kasihan dinas terkait kalau ternyata data, informasi dan laporan yang kita dapat, nyatanya hanya dugaan belaka. Makanya belajar dari semua hal itu, kami tidak pernah setengah hati atau main-main lakukan sidak (inspeksi mendadak), tapi data dan laporan harus valid 100% alias A1,” beber-nya.
Selain A1, Kotrak Kerja, atau RAB, atau Petunjuk Teknis (Juknis) sesuai istruksi pemerintah, harus dikantongi, agar profesionalisme kelembagaan, benar-benar ada, tanpa harus merugikan salah satu pihak, seperti kontraktor, maupun dinas terkait.
“Intinya, kalau ada kucuran angaran Negara, sebaiknya kita berkordinasi dengan instansi terkait, supaya dana itu diawasih secara ketat, agar dana tepat sasaran demi peruntukannya,” timpal John Robert.
Ditempat terpisah, Ketua Bidang Corps Laskar Garuda Trikora Ronny Sidak melalui Anggotanya, Ficky C Koloay mewarning Dinas PU Minahasa melalui PPTK/PPK serta kontrktor selaku pihak ke-tiga, agar tidak melakukan spekulasi dan konspirasi yang menyipang, agar tidak berurusan dengan pihaknya.
“Kebanyakan, dana pelaksanaan proyek pemerintah ini, sudah ada dan pasti si kontraktor meraup untung, jadi marilah kita kerja sesuai prosedur saja. Sebab kalau ada yang dengan sengaja menyelewengkan dana negara atau menggiring uang Negara dari hasil pajak rakyat Indonesia ke penyimpangan, tentu saja akan ada sangsi hokum sebab kami dari LI TIPIKOR akan mengawal kasus-kasus yang ada,” sembur Koloay.
Menyikapi warning dari dua lembaga independent tersebut, Kepala Dinas PU Minahasa, Ir John Kussoy menegaskan bahwa pihaknya tidak mau berurusan dengan hokum dan aparat hokum.
“Saya selalu menghimbau kepada semua PPTK/PPK, jangan ambil resiko apalagi membangun satu sindikat, kemudian berkonspirasi mnyelewengkan uang Negara. Para PPK/PPTK dan kontraktor, sebaiknya bekerja maksimak sesuai tupoksinya. Saya minta, bekerjalah sesuai aturan yang berlaku,” tukas Kussoy.
Selama dirinya masih menjabat Kadis PU Minahasa, tambah Kussoy, ia tidak mau mengambil resiko berurusan dengan hokum.proyek yg berada di bawah tanggug jawab PU dikerjakan sesuai aturan.
Demi Hindari Masalah Hukum, tegaskan bagi para PPK/PPTK dan Kontraktor, Jangan Main Api, namun sebaliknya mari bekerja maksimal, agar tidak tersandung hokum di Negara ini.
Kadis PU Minahasa juga mengingatkan agar para  “PPK-PPTK yang nakal, akan dikembalikan ke pemda, biar ada efwek jera, dan rasa takut terhadap larangan itu, ” Saya tidak mau bertanggung jawab atas kebijkan – kebijakan menyimpang dan dapat menyeret kita ke ranah rukum. Bekerjalah baik-baik mengingat kedepan nanti masih banyak peluang bagi kita semua tuk membesarkan daerah dan Pemda Minahasa, tanpa harus berbuat curang,” tandas Kussoy.(Ronny)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD