Iklan

ENGGAN TANGGUNG RESIKO, CAMAT LANGOWAN BARAT AKAN TINDAK TEGAS KUMTUA ‘NAKAL’

Posted by jhon simbuang on Sabtu, 11 Juni 2016

MEWOH: “Jangan Berani Manipulasi Anggaran Dana Desa”


Tondano, Identitasnews.com - Salah satu program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dikenal dengan Program NAWACITA adalah pembangunan infrastruktur seluruh wilyah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wajib ditindak lanjuti seluruh elemen pemerintah baik di provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai di kelurahan/desa.
Menindak lanjuti program nasional tersebut, melalui bantuan APBN ini masyarakat di wilayahnya, Bupati Minahasa melalui Camat Langowan Barat, Drs Rouldy Mewoh saat diwawancarai media ini beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, mengaku berkewajiban dan bertanggungjawab penuh memantau, mengawasi dan mengawal realisasi dana yang mengucur ke desa-desa di wilayah kepemimpinannya.
“Dana Desa (Dandes) adalah turunan dari pusat. Kita semua tahu, pemanfaatan uang negara ini sangat resistan sehingga butuh pengawasan serius. Makanya, jika ada hukumtua yang kedapatan menyalahgunakan wewenang dalam menggunakan anggaran APBN dalam hal ini Dana Desa, saya tak segan-segan mengambil tindakan tegas,” tutur Mewoh.
Camat berharap, tindakan tegasnya tidal sampai terjadi, supaya tidak ada kumtua yang berurusan dengan hukum. “Pertama-tama besar harapan saya semoga program ini berjalan dgn baik dan sesuai juknis yang ada. Namun apabila ada hukumtua atau panitia pengelola Dana Desa yang tidak menjalankannya sesuai aturan, maka saya tidak sungkan untuk mencabut nota dinas para hukumtua yang terbukti memanipulasi dana desa,” tukas Mewoh.
Mengantisipasi hal-hal seperti diatas, Mewoh telah membentuk tim kerja kecamatan agar bergerak melakukan pemantauan agar dapat memastikan pemanfaatan pagu anggaran sudah dipasang sebelum memulai pekerjaan.
“Semua harus transparan. Jika berbau korupsi maka akan saya laporkan ke pihak berwenang untuk di proses sesuai Undang - undang No 20 tahun 200, tentang Tindak Pidana Korupsi,” pungkas Rouldy Mewoh Camat Langowan Barat.(Haris)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

17.04.00

0 komentar:

Posting Komentar