Iklan

Dongkrak PAD Minut, PD Klabat Diminta Berlakukan Distribusi Air Minum Mineral Satu Pintu Saja

Posted by jhon simbuang on Rabu, 08 Juni 2016

Airmadidi, Identitasnews.com - Kabupaten Minahasa Utara adalah satu dari beberapa kabupaten / kota penyedia air bersih terbaik di Negara Republuk Indonesia.
Kualitas, bobot, bebet dan kandungan mineral yang ada di Minut memicu menjamurnya perusahaan air mineral sehingga beberapa tahun terakhir ini, sudah ada beberapa perusahaan besar yang bercokol di sekitar Kecamatan Airmadidi.
Sebut saja PT Tirta Investama (AQUA), CV Ake Abadi, Club, Asegar, serta beberapa persuahaan lain di bisnis air minum mineral.
Menariknya, permainan bisnis telah membuat stok air mineral bermain melebar diluar Minut, kemudian dikembalikan lagi ke Minut.
Mengkritisi hal itu, John Simbuang tokoh adat Masyarakat Minut menghimbau, PD Klabat tidak boleh tinggal diam."PD Klabat melalui DPRD sebaiknya menerbitkan aturan yang mana, semua produk air minum mineral sebelum disalurkan ke distributor, harus melalui satu pintu saja," katanya Rabu (8/6).
Dengan demikian, lanjut Simbuang, selain jumlah suplay air mineral ukuran gelas, botol, maupun galon, dapat terkontrol. "Disamping itu, ada dua keuntungan yang dapat diambil oleh PD  Klabat. Pertama, PD Klabat dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Kedua PD Klabat dapat mengambil bagian dalam tiap prodak. Untuk 1 gelas berapa Rupiah, satu botol berapa Rupiah, dan 1 galon berapa Rupiah untuk masuk ke kas Daerah sebagai PAD," jelasnya.

Simbuang juga menyentil kehadiran Indomaret, Alfamart, Coco serta aneka swalayan lain yang ada di Minut. "Kita punya Pasar Airmadidi dan pasar-pasar pendukung lain yang besar. Kenapa swalayan-swalayan itu menyuplai air minum mineral, sayur-mayur, daging (ayam), ikan dan bahan dapur karus dari luar Minut, padahal semua kebutuhan mereka sudah tersedia di Minut. Buat Perda, demi mendongkrak PAD Minut secepatnya. Kalau mereka menolak, keluarkan saja dari Minut," pungkas John.

Beberapa waktu lalu, sebelum Bupati Minahasa Utara dipegang pasangan Vonnie Aneke Panambunan dan Joppi Lengkong, ada rencana untuk memberlakukan distribusi air minum mineral dari satu pintu saja. Tapi sampai saat ini, rencana tersebut tidak berkelanjutan.

"Ini kan lucu namanya, kita saja di Minut tempat produksi air minum mineral, kalau mau membeli dalam jumlah banyak, harus beli dari luar Minut. Berarti PAD-nya masuk keluar dari Minut dong. Jadi sebaiknya pemerintah dan PD Klabat, berlakukan suplay satu pintu saja," tandas Simbuang.
Sementara Dirut PD Klabat Estrella Tacoh melalui Direktur Niko Sumakud mengakui hal itu. "Iya, sudah bertahun-tahun hal itu direncanakan, tapi tidak pernah jalan," katanya.

Untuk tahun-tahun kedapan, selaku pendongkrak PAD, PD Klabat akan segera mengundang seluruh perusahaaan Air mneral, untuk membahas tentang distribusi satu pintu.
"Artinya, semua distributor tidak lagi berurusan langsung dengan pihak perusahaan, tapi harus berurusan dengan pihak kami selaku pintu tunggal semua perusahaan air minum," kata Sumakud.

Lanjut Sumakud, pihak PD Klabat sudah kewalahan dengan keluhan masyarakat tentang aturan pembelian air minum mineral.
"Kita akan minta skala prioritas dalam pendistribuasian air minum mineral, sebab masyarakat selalu mengeluh ke kami. Jadi untuk itu, kami sangat berharap kerjasama dari semua perusahaan air minum mineral di Minut.(Red)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

18.30.00

0 komentar:

Posting Komentar