Iklan

BUPATI MANALIP IMBAU WASPADA BANJIR DAN LONGSOR

Posted by jhon simbuang on Senin, 27 Juni 2016

Ada 4 Kecamatan Yang Rawan Banjir dan Tanah Longsor


Talaud, Identitasnews.com - Meski berbeda dengan Kabupaten Sangihe yang mengalami banjir dan tanah longsor, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE melalui Kabag Humas Pemkab Talaud Firony Ungkey S.Pd  menghimbau kepada warga di Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mewaspadai rumah-rumah ditepian sungai, pegunungan yang rentan dengan rawan longsor. " Pemkab Talaud dalam hal ini ibu bupati terus menyampaikan kepada warga yang ada di daerah-daerah rawan longsor seperti rumah-rumah yang terletak di pegunungan, pinggiran sungai untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi di musim hujan ini disertai dengan cuaca ekstrim."

"Kepada masyarakat agar supaya mewaspadai tanah Longsor, petir dan pohon tumbang bagi yang beraktivitas didarat, untuk yang beraktivitas di laut agar tidak melakukan aktifitas di laut apalagi situasi saat ini BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini bahwa perairan Sangihe Talaud tinggi gelombang mencapai 3 sampai 4 meter" ucap Ungkey.

Sementara itu, Hopni salah satu nelayan asal Rainis mengaku kalau dirinya enggan kelaut apalagi dengan cuaca yang kurang bersahabat. " iyau maele lua'a mangka hewa paere ware, apian'ne ma bailla ( saya melihat ombak sangat besar sama seperti rumah, lebih baik saya berkebun), " ungkap Hopni
Dikatakannya, akibat angin kencang disertai gelombang yang tak kunjung reda,  dirinya dan para nelayan-nelayan yang lain hampir dua pekan tidak melaut.
"Daripada mengambil resiko mendingan saya di darat saja, jangan sampai bukan  ikan yang dibawah tetapi malah sebaliknya bisa saja nyawa jadi taruhannya, dan juga perahu saya bisa saja mengalami kerusakan berat," tambah Hopni.
Dirinya berharap agar cuaca ekstrim ini tidak berlangsung lama dan bisa segera melaut. " harapan saya agar cuaca ekstrim ini tidak berlangsung lama, agar boleh kembali beraktifitas normal." tutup Hopni (jos tumimbang)

4 Kecamatan Yang Rawan Banjir dan Tanah Longsor

1. Kecamatan Beo
2. Kecamatan Lirung
3. Kecamatan Tampan'Amma
4. Kecamatan Essang

@. Sumber : BPBD Talaud.(Onal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

19.00.00

0 komentar:

Posting Komentar