Iklan

Berdayakan Masyarakat, Dana Desa di Gunakan Untuk Bimtek Budidaya Goraka

Posted by jhon simbuang on Kamis, 16 Juni 2016


Talaud, Identitasnews.com - Pemerintah Desa Kiama Barat Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) budidaya Jahe dan manfaatnya.
Untuk membiayai bimtek tersebut, masyarakat dan pemerintah desa menggelontorkan anggaran dari dana desa yang mengalir dari pemerintah pusat.

Kegiatan yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU)  desa tersebut menghadirkan koordinator penyuluh  pertanian sekabupaten Talaud, Yeni Bulage yang juga pegawai BP4K, Sekertaris  BP4K, Penyuluh lainnya serta perangkat desa dan masyarakat.

Saat membuka kegiatan dalam sambutannya Kepala Desa Kiama Barat Karel Losoh meminta kepada semua warga untuk serius mengikuti kegiatan yang dilaksanakan menggunakan dana desa ini.
"Kiranya semua yang hadir dapat mengikuti penyuluhan ini dengan baik , lewat Bimtek ini masyarakat di harapkan mendapatkan pemahaman dalam bertani Jahe atau Goraka dengan baik sehingga hasil yang didapatkan nantinya memberikan income atau mendongkrak pendapatan masyarakat ," ujar Kepala Desa Kiama Barat Kamis (16/6) siang.

Kepala Desa Kiama Barat Karel Losoh mengakui bahwa semua pembiayaan Bimtek tersebut diambil dari dana desa. "Untuk  kegiatan kami laksankan hari ini, kami menggunakan dana desa sekira Rp 30 juta-an,baik untuk prasmanan, pembayaran honor penyuluh, ataupun hal lainnya. Pemanfaatan dana desa ini masuk pada bidang pemberdayaan masayarakat yang tentunya sudah sesuai dengan regulasi yang ada ," jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, koordinator penyuluh se-kabupaten Talaud Yeni Bulage mengapresiasi kepada pemerintah desa yang telah mengundang mereka untuk membagikan pengetahuan bercocok tanam yang baik kepada masayarakat.

Senada dengan Bulage, Feybe Lalompoh salah seorang warga yang hadir memberikan reward kepada Kades beserta perangkat desa dan para penyuluh yang telah menggelar Bimtek ini. "Torang masyarakat berterima kasih pa pemerintah karena so bekeng ini acara. Karen selama ini torang pe cara ba tanam Goraka masih manual alias kuno sehingga dia pe  hasil sadiki, Torang masyarakat berterima kasih pa pemerintah karena so bekeng ini acara. Semoga lewat ilmu yang di dapa torang mo berhasil," ungkapnya.

Perlu diketahui masyarakat luas, harga Jahe di Kabupaten Talaud mencapai RP 100.000 /kg.(Ronal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

21.30.00

0 komentar:

Posting Komentar