Iklan

Sejarah! Manalip Bupati Pertama Yang Nekad Pangkas Anggaran Belanja Rumah Tangga Dari Rp 8 M Menjadi 1,2 M

Posted by jhon simbuang on Senin, 16 Mei 2016

Talaud, Identitasnews.com – Kalau di NKRI kita dengar bupati atau gubernur menuntut penambahan atau kenaikan anggaran belanja rumah tangga, sebaliknya di Bumi Porodisa Talaud, Bupati Sri Maria Wahyumi Manalip justeru sebaliknya.
Wanita berparas ayu yang getol tampil dengan motif sederhana dan rambut pendek itu justeru bersikukuh memangkas anggaran belanja rumah tangganya, bukan separuh, tapi 88%.

Kalau sebelumnya Anggaran belanja rumah tangga Bupati Talaud di patok sebesar delapan (8) Miliar Rupiah, kini Manalip meminta anggarannya diturunkan menjadi 1,2 M (satu koma dua Miliar Rupiah).
Sebagai bentuk upaya mendukung program pemerintah pusat dalam melakukan penghematan anggaran, Pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud telah melakukan penghematan dan pemangkasan anggaran yang diangap tidak terlalu penting.

Pemangkasan anggaran itu antara lain, memangkas Anggaran rumah tangga Bupati,  Alokasi Perjalanan Dinas Luar Daerah Bagi Bupati, dan seluruh pejabat hingga staf di lingkungan Pemkab Talaud.
Pemangkasan anggaran ini akan dilihat yang tidak terlalu prioritas. Seperti perjalanan dinas yang tidak perlu.

Manalip akan fokus dalam 5 program skala prioritas utama yakni pemenuhan kebutuhan listrik, air, pendidikan dan kesehatan serta pengembangan sumber daya manusia bagi para nelayan demi mengutamakan Kepentingan masyarakat.
“Skala prioritas saya adalah pelayanan terhadap masyarakat untuk itu anggaran yang saya anggap tidak terlalu penting saya pangkas dan di alokasikan ke program prioritas pemerintah guna pelayanan terhadap masyarakat porodisa,” kata Manalip Senin (16/5).

Pihak Pemkab Talaud, lanjut Manalip, melakukan penghematan penggunaan anggaran yang sekiranya kurang penting agar kita bisa mendahulukan kebutuhan dan keperluan masyarakat.
“Untuk itu marilah seluruh jajaran SKPD dan pihak terkait untuk selalu kerja guna pelayanan publik agar masyarakat bisa merasakan langsung akan kinerja dari pemerintah untuk memajukan kabupaten Talaud yang torang cintai ini,” tandasnya.(Onal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

17.34.00

0 komentar:

Posting Komentar