Iklan

SDN MONGKOINIT LESTARIKAN SENI BUDAYA BOLMONG

Posted by jhon simbuang on Jumat, 27 Mei 2016

Lolak, Identitasnews.com – Tarian Kabela dan Tarian Dana-dana merupakan  kebudayaan Bolaang Mongondow yang  harus di lestarikan, apalagi tarian tersebut mengandung pendidikan yang positif bagi anak-anak untuk tampil optimis di atas panggung  yang di saksikan khalayak ramai atau masyarakat. 
Tidak mudah dan membutuhkan kesabaran dalam melatih anak-anak hingga dapat tampil dengan tarian yang cukup bagus.
SDN Mongkoinit salah satu Sekolah Dasar di Bolaang Mongondow, yang di pimpin oleh Kepala Sekolah  Arifin Supu ,S.Pd telah berhasil membina dan mengasuh anak-anak didiknya hingga dapat memiliki kemampuan menari di atas pentas pada beberapa event besar di Bolaang Mongondow bahkan hingga ke luar daerah.

Kepala Sekolah SDN Mongkoinit ,Arifin Supu , S.Pd , kepada Identitasnews.com  (23/5) mengatakan , semua ini terjadi karena adanya keseriusan dan sinkronisasi disekolah dan para orang tua murid. 
“Kami selaku pengasuh dan Pembina anak-anak didik di SDN Mongkoinit telah berusaha semaksimal mungkin melatih anak-anak hingga dapat tampil di berbagai event baik itu perlombaan , acara yang di gelar Pemerintah Daerah maupun Pesta Perkawinan . Alhasil anak-anak didik kami dapat menari dengan baik dan tetap bersemangant melestarikan budaya tarian Kabela dan Dana-dana “ungkap Arifin Supu.

Adapun kendala yang mereka hadapi, lanjut Supu yaitu, masih kurangnya dana pembinaan. "Namun kami tetap berupaya mencari donatur yang dapat mengsupport kami dalam program pelestarian budaya tarian khususnya Kabela dan Dana-dana. Kalau hanya semangat , kami masih memiliki semangat dan cita-cita besar untuk membawa Seni Budaya Tarian Kabela dan Dana-dana ke pentas manapun asalkan dari Pemerintah Daerah peduli terhadap Seni Budaya tarian Bolaang Mongondow “ ucap Arifin penuh semangat.
Pemerhati Seni Budaya Bolmong , Mursidin Mokobombang,SE,MM mengatakan, Tarian Kabela dan Dana-dana harus tetap di lestarikan sebagai warisan turun - temurun dari pendahulu yang menciptkan tarian ini. 
"Saat ini seni budaya mulai tergerus oleh westernisasi dan modernisasi dengan kecanggihan technologinya  yang menjadi momok menakutkan bagi seni budaya khususnya sehingga kita diminta oleh zaman dan peradaban untuk tidak melupakan penyiapan  sarana pendidikan yang positif bagi generasi muda seperti Seni Budaya Tarian Kabela dan Dana-dana. Kami sangat salut dengan Bapak Arifin Supu,S.Pd yang eksis membawa dua tarian ini sehingga dapat selalu dinikmati masyarakat sebagai hiburan segar nan sedap di mata “ tutup Mursidin.(Hidayat)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

21.52.00

0 komentar:

Posting Komentar