Iklan

PENCAIRAN DANDES DI BOLMONG TERKENDALA TEHNIS

Posted by jhon simbuang on Jumat, 06 Mei 2016

Lolak ,Identitasnews.com - Tahun 2016 merupakan tahun yang menyenangkan bagi desa-desa pasalnya setiap desa akan kecipratan Dana Desa sebesar 600 hingga 700 juta untuk kegiatan Pemberdayaan dan Pembangunan fisik desa ditambah dengan penghasilan tetap apparat desa dan ADD yang jumlahnya terbilang fantastis untuk satu desa sebut saja 1 Miliar.

Tapi sayangnya ,proses pencairan Dandes tersebut  rada-rada susah dengan berbagai regulasi yang harus disiapkan oleh desa mulai dari dokumen RPJMDes , RKPDes dan APBDes yang harus sesuai dengan Undang-undang Desa No.4 2014 , Permendes 21 Tahun 2015 dan berbagai peraturan Bupati  yang meminta para kepala desa harus membongkar pasang dokumen alias di perbaharui agar Dandes tersebut dapat di cairkan dengan mulus.

Djati Potabuga , Kepala Desa Nonapan II  Kecamatan Poigar , kepada identitasnews com mengatakan “ Pelengkapan Dokumen cukup melelah mulai dari penyiapan RPJMDes hingga APBDes dan dokumen lainya . Sampai hari ini apparat saya masih sibuk dengan dokumen-dokumen tersebut. Sebenarnya kami sangat berharap Kementrian Desa memberikan kemudahan pada proses pembuatan dokumen dengan merampingkan birokrasi yang ada di Pemkab biar proses pencairan lebih cepat. Mudah-mudahan apparat saya sudah menyelesaikan semua persyaratan mengingat tahapan pelaksanaan program yang molor dari perncanaan awal “ ungkapnya.

Terkait dengan keluhan  Kepala Desa tersebut , Pendamping Desa Kecamatan Poigar , Rahmat Alhabsy , menjelaskan “ Sebernarnya prosesnya tidak rumit yang penting aparat desa mengikuti prosedur yang ada mulai dari perencanaan awal hingga pembuatan dokumen pencairan. Saat ini desa-desa sedang melengkapi APBDes dan pembuatan RAB tinggal selanjutnya di verifikasi untuk masuk pada tahap pencairan Dana Desa tahap I dan selanjutnya di serahkan ke Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab Bolaang Mongondow untuk proses lanjutan “ tutup aktivis muda bolmong (Yat).

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

21.04.00

0 komentar:

Posting Komentar