Iklan

MASA SIH, DATA CAPIL: 2015 ADA 50 RIBU WARGA MINUT PENGANGGURAN

Posted by jhon simbuang on Senin, 30 Mei 2016

WOY, INI DATA SESUAI FAKTA ATAU NGELANTUR?

Airmadidi, Identitasnews.com – Pasangan Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan bersama Wabup Ir Joppie Lengkong (VAP-JO), nampaknya harus kerja ekstra menyelesaikan 'DOSA' sejarah yang dititipkan kepala daerah pendahulu mereka.

Antara lain, soal penyedian lapangan pekerjaan, sebab berdasarkan data dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2015 Bupati dan Wabup sebelumnya, tercatat dari total 215.793 ribu masyarakat Minahasa Utara (Minut), merujuk data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapilduk) tahun 2015, ada sekitar 50.098 ribu warga di Tanah Tonsea ini, teridentifikasi tidak memiliki pekerjaan alias pengganguran.

Jika dikalkulasikasikan, dari total 215.793 jumlah penduduk Minut per 2015, berarti ada sekitar 24,31 persen warga tidak memiliki pekerjaan. Kondisi ini sangat memiriskan, mengingat potensi Minut yang luar biasa.

Soal tingginya angka pengangguran sesuai data tertuang dalam LKPJ 2015 milik Drs Sompie Singal dan Yulisa Baramuli, menandakan selama lima tahun kepemimpinan progres perluasan lapangan kerja tidak berjalan di Minut.

Ketua Komisi B Stendy Rondonuwu yang juga anggota Pansus LKPJ mengaku kaget. Menurutnya, data angka pengangguran ini sumbernya darimana, dan proses verifikasinya seperti apa, sebab, melihat pertumbuhan iklim investasi di Minut, angka ini sangat tidak masuk akal.
"Secara kasat mata, instansi tekhnis hanya mengira-ngira dalam pendataan. Kalaupun benar, harus diperinci secara detail dari mana datangnya angka-angka ini? apakah turun dari langit. SKPD harusnya lebih optimal kalau menemukan fakta seperti ini," tukas Sten.

Terpisah, Ketua Pansus LKP Denny Sompie mengatakan, seharusnya data soal berapa banyak pengangguran itu dikeluarkan Dinas Ketenagakerjaan atau BPJS, bukan Discapilduk.
"Ini menandakan, kalau SKPD tidak optimal. Dan kurang memahami tugasnya, bisa saja angka-angka dalam LKPJ 2015 hanya copi paste, biar kelihatan indah dan rapi," tegasnya.(John)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

20.30.00

0 komentar:

Posting Komentar