Iklan

Lomban Terima Kunker Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Posted by jhon simbuang on Jumat, 13 Mei 2016


Bitung, Identitasnews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung dan diterima Walikota Bitung Maxmilian J Lomban didampingi Ketua TP-PKK kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung, Jumat, (13/5).

Dalam kunjungannya kali ini Menteri Susi melihat langsung keberadaan kondisi perikanan di Bitung dengan membuka ruang diskusi bagi masyarakat yang berhubungan langsung dengan industri perikanan dan kelompok nelayan untuk membahas permasalahan yang timbul dampak dari moratorium KKP digelar di kantor Dinas Perikanan dan Kelautan kota Bitung.
Dalam kesempatan itu juga Menteri Susi menegaskan tidak boleh ada kapal asing atau eks asing di Bitung jika masih ada, itu tidak diperbolehkan lagi karena itu merupakan komitmen negara yang sudah dibuat dalam bentuk PP, kapal asing atau eks asing yang beroperasi dan berinvestasi di perairan indonesia termasuk di Bitung sudah masuk list negatif, mereka tidak boleh masuk dalam industri penangkapan ikan di Indonesia.
Lanjutnya lagi Pemerintah Daerah secepatnya mengeluarkan aturan tentang batas tangkap ikan bagi nelayan khususnya didaerah pariwisata, menurutnya penangkapan ikan seharusnya dilakukan empat mil ke laut dari pantai, jangan terlalu dekat dengan pantai.
"kalau hanya sekedar mancing untuk kebutuhan makan bisa saja, tapi kalau untuk kebutuhan produksi sebaiknya lebih jauh lagi ke laut," ungkap Susi.
Menanggapi hal tersebut, Lomban mengatakan akan ada Perda hari libur bagi nelayan untuk menangkap ikan dengan tujuan memberikan kesepatan bagi ikan untuk berreproduksi dan bertelur.
"kami akan bicarakan dengan DPRD kota Bitung untuk diadakannya perda ini sehingga jumlah ikan yang ada di perairan kota Bitung tetap terjaga, yang semuanya juga untuk kesejahteraan nelayan kita," tutur Lomban.
“Dalam rangka menigkatkan kehidupan para nelayan, Menteri Susi melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan akan memberikan bantuan kapal dalam jumlah yang memadai karena Bitung dipersiapkan untuk menjadi pemimpin perikanan di Indonesia, setelah Menteri Susi melihat kondisi di Bitung, ia berjanji akan memberikan bantuan dengan peralatan yang lebih canggih dan modern sehingga Bitung akan menjadi tolak ukur sektor perikanan yang mengalahkan General Santos," tutup Lomban. (Katie)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

21.30.00

0 komentar:

Posting Komentar