HUT SHS
Headlines News :
Home » » DB 1 C Kacaukan Area Car Free Day Kabupaten Minahasa Utara

DB 1 C Kacaukan Area Car Free Day Kabupaten Minahasa Utara

Written By jhon simbuang on Sabtu, 02 April 2016 | 17.25.00

"Ini hari libur, masih pakai mobnas dan patwal, langgar aturan pula”

Airmadidi, Identitasnews.com – Program pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang rutin dihelat setiap minggu (hari Sabtu) di jalan Ir Soekarno, kian hari kian ramai. Hal ini seduh berlangsung selama satu bulan lebih (sekitar 5-6 minggu), dan berjalan lancar karena kian diminati masyarakat.
Seperti sebelum-sebelumnya, hari ini Sabtu (2/4/2016) pagi, Car Free Day (CFD) pun mulai ramai dengan para pengunjung dari berbagai lapisan baik pemerintah dan masyarakat.
Tapi satu hal yang tidak pantas, mendadak terjadi sehingga CFD sempat terhenti gara-gara sebuah mobil sedan hitam nyelonong masuk tanpa menghargai pemilik kegiatan.

Menariknya, sedan hitam ber-plat merah itu diduga kuat adalah mobil dinas Walikota Bitung, Max Lomban.
“DB 1 C itu kan kendaraan dinas Walikota Bitung, dikawal mobil patroli yang tiba-tiba menerobos lokasi hari bebas kendaraan bermotor (car free day) padahal sudah ada papan pengumuman, bahwa semua kendaraan bermotor dilarang masuk,” sesal salah seorang Anggota Dishub Minut yang menjagai area itu.
Gara-gara nyelonong tanpa manghargai kampung orang, para PNS, masyarakat dan para siswa yang sedang olahraga lari, jalan kaki dan bersepeda di tengah jalan harus berhenti dan memberi jalan agar mobil angkuh itu bisa lewat, sambil memaki mobil itu.
“Bukan main ya, aturan dan larangan yang dibuat pemerintah saja dilanggar, apalagi hak rakyat miskin, pasti dicaplok. Apakah papan pengumuman yang besar di depan sana tidak bisa dibaca. Ini hari libur, masih pakai mobnas dan patwal, langgar aturan pula,” umpat Ibu Beatrich, salah satu warga peserta jalan sehat CFD itu.

Kabid Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Minut Jefta Sumantik, ketika dimintai keterangan turut menyesalkan insiden ini.
“Harusnya tidak perlu bersikap demikian. Tapi tadi petugas patroli sudah minta izin lewat pengeras suara jadi pihak kepolisian dan Dishub yang berjalan di pintu masuk, langsung membuka jalan,” kata Sumanti terkesan membela.

Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong yang dikenal gemar olahraga pagi di kegiatan itu  juga tampak sangat kecewa. “Sebaiknya tidak ada kendaraan yang lewat. Presiden saja tidak pernah menggunakan kendaraan di lokasi car free day. Tapi untuk kali ini kami maklumi karena program hari bebas kendaraan masih dalam tahapan sosialisasi. Hanya saja diharapkan tidak terulang lagi,” kata Wabup Minut mencoba untuk sopan.(Ficky/Man SP)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD