Iklan

BUPATI LANDJAR BERHASIL REDAM AMARAH WARGA BONGKUDAI SELATAN

Posted by jhon simbuang on Senin, 18 April 2016

Tutuyan, Identitasnews.com – Bupati Bolmong Timur Sehan Landjar SH memiliki kharisma yang sangat diandalkan. Pasalnya di tengah-tengah masyarakat yang ada di daerahnya rupanya Eyang sapaan akrabnya masih tetap peka dan kokoh.
Betapa tidak, meski sempat terjadi gesekan yang sifatnya horizontal pada Pemilihan Bupati Boltim beberapa waktu lalu, namun figur Sehan Landjar seolah tidak luntur di tengah-tengah masyarakat.

Terbukti, Eyang – sapaan akrab Sehan Landjar SH, Rabu (13/04/2016) lalu, berhasil meredakan emosi dari puluhan warga Desa Bongkudai Selatan yang datang ke kantor Bupati maupun kantor DPRD Boltim, guna memprotes kebijakan Pemkab Boltim yang menganti Revindo Tumiwa dari kursi Kepala Desa (sangadi) beberapa waktu lalu.
Puluhan warga pendukung Revindo itu dalam amatan media ini  hampir seharian penuh berada di ibukota Kabupaten Boltim di Tutuyan.
Menariknya, meski sempat memanas namun kedatangan Sehan Landjar SH di tengah-tengah masyarakat, langsung membuat suasana berbalik 180 derajat. Amarah warga yang awalnya berapi-api tiba-tiba menurun ketika Sehan berbicara di hadapan mereka.
Dalam pembicaraan itu, Eyang mengatakan kalau dirinya selaku Bupati Boltim tidak bisa menarik Surat Keputusan (SK) pemberhentian dan pengangkatan Sangadi (kepala desa) yang baru di Bongkudai Selatan.
“Mantan Sangadi dan warga saya harap menerima keputusan Pemkab Boltim ini. Sebab, tidak mungkin SK yang sudah dikeluarkan lantas ditarik kembali,” ucap Sehan,

Namun demikian, Sehan memberikan solusi cerdas yang sangat meneduhkan warga Bongkudai Selatan. “Nah, untuk mantan Sangadi kami mempersilahkan untuk kembali maju pada Pemilihan Sangadi (pilsang) yang akan digelar Bulan Agustus mendatang,” tambah Sehan.
Warga yang mendengar solusi dari Eyang, memberikan apresiasi dan rasa salutnya. “Eyang merupakan pemimpin yang bijak. Kepemimpinan beliau cukup memberikan pencerahan bagi kami masyarakat,” ujar beberapa warga.
Setelah sebelumnya saat acara  paripurna selesai interupsi dari anggota dewan terhormat Argo Sumaiku yang meminta agar pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada warga Bongkudai Selatan yang berkaitan dengan pergantian sangadi  untuk menyampaikan aspirasinya. Pimpinan dewan meminta persetujuan Bupati kemudian permintaan tersebut diterima.
Pada kesempatan itu sangadi yang diganti tersebut membacakan sekaligus menyampaikan keberhasilan yang di capai saat  menjabat sangadi. Pada kesempatan itu juga Bupati Boltim memberikan apresiasi atas kinerjanya.
Namun menurut Eyang masyarakat hanya tahu hal yang baik yang dilakukan sangadinya tapi yang membuat hal tersebut bisa terjadi disebabkan oleh etika yang tidak baik oleh sangadi, yakni didepan wakil bupati dan sekda serta seluruh yang berkopenten, dimana  sangadi memperlihatkan perilaku tidak baik.
Pada saat itu Sekda  Muhamad Asagaf diberikan kesempatan oleh Bupati Sehan Landjar SH untuk memperagakan etika kurang baik sangadi Bongkudai Selatan. Saat itu juga seluruh yang hadir bahkan beberapa masyarakat bongkudai selatan yang ada didalam maupun diluar ruangan terdiam seketika saat mendengar dan melihat peragaan dari sekda Boltim Muhamad Asagaf.  Dengan demikian Bupati Boltim tidak bisa mencabut lagi sk yang telah dikeluarkan namun tetap memberikan kesempatan kepada mantan pjs sangadi Bongkudai selatan Revindo Tumiwa untuk maju sebagai sangadi pada agustus mendatang.(Feki)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

01.55.00

0 komentar:

Posting Komentar