HUT SHS
Headlines News :
Home » » Berton-ton Ikan Teri Serbu Desa Lihunu

Berton-ton Ikan Teri Serbu Desa Lihunu

Written By jhon simbuang on Kamis, 07 April 2016 | 10.50.00

Ikan-ikan itu Seolah Merayakan Kemenangan Atas Dihentikannya Pengoperasian PT MMP

 
Airmadidi, Identitasnews.com - Fenomena unik terjadi di Desa Lihunu (Pulau Bangka) Kecamatan Likupang Timur Minut dalam beberapa hari terakhir ini.
Memang sebelum-sebelumnya, para nelayan yang memiliki Bagan (alat penangkap ikan dilaut), dalam satu tahun, secara tetap akan ada musim panen Ikang Putih (Ikan Teri).

Akibat banyaknya ikan yang membludak, warga-pun kerepotan untuk menjemur ikan-ikan teri tersebut. Sehingga jemuran ikanpun tumpah-ruah ke bahu jalan desa.
Namun untuk tahun ini, panen Ikang Putih menurut warga, ada yang spesial.
"Tahun ini kami anggap spesial, soalnya tahun ini PT MMP sudah diusir pemerintah untuk menambang disini," kata Jhon Haerani warga Desa Kahuku Jaga II.

Dari keterangan Jhon Haerani, sejak jaman dahulu warga Pulau Bangka memang diberkati dengan musim panen ikan yang berlimpah. Makanya, saat PT MMP mau masuk dan mantan Bupati Sompie Singal bilang kehadiran PT MMP di Pulau Bangka adalah demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat setempat, warga menilai hal itu sebuah pembohongan.
"Mantan bupati itu pembohong. Apa maksud dia MMP hadir untuk mensejahterakan masyarakat, padahal justeru kesejahteraan masyarakat hilang dengan hadirnya penambang yang hanya merusak Pulau Bangka saja," sembur Haerani.

Jhon Haerani yang juga merupakan aktivis perjuangan pmbebasan Pulau Bangka (Save Bangka Island) mengatakan bahwa kehadiran PT MMP semat membawa ketidak - seimbangan lingkungan bagi Pulau Bangka.
"Sejak mereka menimbun laut di Desa Kahuku, dalam beberapa tahun kemarin kami sudah tak pernah lagi melihat ikan-ikan ini. Nanti baru dalam minggu ini baru terjadi lagi banjir Ikang Putih," bebernya.
Ditambahkan Jhon Haerani, kembalinya musim panen yang sempat hilang ini, seakan-akan merupakan tanda ikan-pun setuju peniadaan penambangan di Pulau Bangka.
"Panen kali ini seolah-olah merupakan perayaan kemenangan masyarakat Pulau Bangka karena PT MMP tidak diijinkan masuk kesini," ujar belasan warga yang sedang gotong - royong mengangkat ikan dari dermaga Desa Lihunu.(John/Ficky)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD