HUT SHS
Headlines News :
Home » » VAP-JO Ajak Masyarakat Minut Tingkatkan Bakobong Deng Baternak

VAP-JO Ajak Masyarakat Minut Tingkatkan Bakobong Deng Baternak

Written By jhon simbuang on Senin, 14 Maret 2016 | 18.00.00

Airmadidi, Identitasnews.com – Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir Joppy Lengkong, yang akrab disebut pasangan VAP-JO, Senin (14/3/2016), mencanangkan program ‘mari jo bakobong dan mari jo baternak’.

Program brilian yang bertujuan memajukan pertanian dan peternakan daerah ini, adalah bagian dari program kerja 100 hari VAP-JO.
Untuk itu Bupati Panambunan berharap, dengan dicanangkannya program ini, sektor pertanian dan peternakan Minut lebih maju lagi.

“Jangan sampai masyarakat petani dan peternak malas bekerja, apalagi pemerintah daerah mendukung program ini dengan bantuan bibit, pupuk dan teknologi berupa hand-tracktor, serta mesin penggiling atau perontok,” kata Panambunan, didampingi Wabup Ir Joppy Lengkong dan unsur Forkopimda, saat mencanangkan program tersebut di Desa Watudambo Dua Kecamatan Kauditan.

Lanjut Bupati, program ini harus dimanfaatkan dengan baik, jangan sampai masyarakat malas bekerja dan malas memanfaatkan lahan tidur.
“Jangan nanti ada laporan banyak lahan tidur yang tidak dikelolah, ternyata orangnya yang tidur alias malas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minut, Ir Wangke Karundeng, dalam laporannya menyatakan, pelaksanaan program ‘mari jo bakobong dan mari jo baternak’, dimana tahun 2016 upaya pencapaian swasembada pangan Nasional dengan komiditi padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Minut, mendapat alokasi target luas tanam padi sawah 7000 ha, padi ladang 2838 ha, jagung 11259 ha dan kedelai 4350 ha.

“Selain itu, dalam rangka merehabilitasi kebakaran lahan perkebunan, akan diberikan bantuan berupa bibit pala sebanyak 7500 pohon dan cengkih 7500 pohon, serta bibit buah-buahan berupa rambutan, durian, serta sayur-sayuran. Sedangkan untuk peternakan, diberikan IB sebanyak 1500 akseptor kepada hewan sapi betina, serta 7 ekor sapi dan 20 ekor babi,” urai Karundeng.(Advertorial/Ficky/Adit)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD