HUT SHS
Headlines News :
Home » » 15 Hektar Sawah Baru, Dicetak Dalam Waktu 15 Hari Oleh TNI

15 Hektar Sawah Baru, Dicetak Dalam Waktu 15 Hari Oleh TNI

Written By jhon simbuang on Rabu, 16 Maret 2016 | 21.00.00

TENTARA SAJA, BA KOBONG, MASA MASYARAKAT YANDA...

Amurang, Identitasnews.com - Untuk mencapai program Kedaulatan Pangan, Pemerintah pusat lewat Kementerian Pertanian terus berupaya menambah areal persawahan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi dalam mencapai swasembada beras.
Lewat program pencetakan sawah baru, pemerintah bekerjasama dengan TNI kini tengah mewujudkannya bagi parah petani diantaranya yang ada diminahasa selatan.
Pengawas lapangan yang juga sebagai penanggung jawab pelaksanaan program pencetakan sawah baru Sersan Kepala (Serka) Bambang Rudiansyah kepada media ini ketika berada dikantor Distarnak Minsel, Rabu (15/3) tadi jelasnya.
Untuk Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) sudah menetukan lokasi yang telah dimasukan dalam survei investigasi dan desain (SID). Pencetakan sawah baru kini telah berjalan Selang dua minggu, TNI telah berhasil mencetak 15 hektar sawah baru di Desa Mopolo Esa Kecamatan Ranoyapo.
Sersan Kepala (Serka) Bambang Rudiansyah
"Adapun mekanisme Proses pencetakan sawah baru ini dimulai dengan tahapan clearing atau pembersihan lokasi dan leveling yakni tahap pencetakan," kata Rudiansyah.
Dalam melakukan pekerjaan, dia mengatakan selalu melakukan koordinasi dengan pihak kementerian dan pemerintah daerah. "Berapa hektar yang kita cetak setiap hari kita laporkan ke pusat dan daerah. Mudah-mudahan target 100 hektar untuk Minsel selesai bulan Juni. Semua proses mulai dari pencetakan lahan, penanaman hingga panen akan kita kawal terus," terangnya.

Ditempat terpisah, bagian teknis pencetakan sawah Distanak Minsel, Augus Sumajow yang juga sebagai Kabid Hortikultura mengatakan, program percetakan sawah baru ini merupakan program Pemerintah pusat, 100 Hektar yang didapat Kabupaten Minahasa Selatan(Pemkab) dalam kepemimpinan Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu mendukung penuh program ini. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya tim teknis untuk menanggani program tersebut. "Ini semua untuk menunjang program Presiden Jokowi dalam rangka meningkatkan swasembada beras menuju kedaulatan pangan," tukasnya.(Meyvo Rumengan)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD