Iklan

Ratusan Masyarakat Talaud Berbondong Tangkap Ikan di Embung Lalue

Posted by jhon simbuang on Rabu, 10 Februari 2016


Talaud, Identitasnews.com - Tradisi menangkap ikan yang dilakukan masyarakat Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Talaud telah menjadi trend dan agenda tahunan.

Kali ini, giliran penangkapan ikan itu dilakukan di Embung Lalue dengan cara membuka pintu irigasi untuk dikeringkan airnya. Seperti biasanya, saat air sungai mulai kering, semua ikan disaluran atau sungai itu Nampak dan berlompatan, masyarakat-pun berduyun-duyun menangkapnya.

Kemeriahan masyarakat menangkap ikan tersebut, terjadi pula saat ini dimana ketika air sungai mulai mongering, maka dengan memakai penangkap sederhana, masyarakat pun berjibaku menangkap ikan-ikan itu dari beraneka jenis ikan air tawar.
Adapun jenis ikan yang terpantau www.identitasnews.com  yang turun langsung kelokasi, terdiri dari ikan mujair, belut (sogili) serta udang dan Nilem.

Selain masyarakat  Kecamatan Essag, ternyata ada pula masyarakay dari kecamatan lain hadir meramaikan trasisi budaya adat Bumi Porodisa itu.
Sebut saja beberapa warga dari Kecamatan Beo dan Kecamatan Gemeh. Disamping dua kecamatan besar itu, ternyata ada pula warga Bitunuris.

“Kegiatan seperti ini harus dipertahankan sebab baeraroma adat, budaya dan tradisi. Selain itu, budaya tangkap ikan ini merupakan gambaran yang mana sejak jaman nenek moyang kita dulu, mereka sudah bergotong-royong, dan ini merupakan warna asli kita yaitu Bangsa Indonesia, “kata Lussy Lantang A.Md. salah Bidan PTT yang bertugas di Puskesmas Essang.(Ronald)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

19.30.00

0 komentar:

Posting Komentar