HUT SHS
Headlines News :
Home » » MASYARAKAT BUMI PORODISA GELAR BUDAYA LELUHUR RANGKATTU TONA

MASYARAKAT BUMI PORODISA GELAR BUDAYA LELUHUR RANGKATTU TONA

Written By jhon simbuang on Rabu, 03 Februari 2016 | 21.00.00

Manalip Diberi Gelar Ratu'n Taloda

Talaud, Identitasnews.com - Acara Pisah Sambut Tahun tetap dipelihara masyarakat Talaud semenjak dahulu kala. Kalau daerah lain menyebut acara itu Pisah Sambut Tahun Baru, oleh masyarakat Bumi Porodisa (Talaud red-), disebut Rangkattu Tona.
Rangkattu Tona yang artinya Pisah Sambut Tahun Dari Tahun Lama ke Tahun Baru 2016, kembali digelar di Kecamatan Beo Jumat (30/1), tepatnya dikompleks Gereja GERMITA Imanuel Beo.

Acara bertajuk adat, budaya dan religious itu kian semarak karena dihadiri tokoh-tokoh papan atas seperti Bupati Talaud SRI WAHYUMI MARIA MANALIP.SE, Ketua Dekab Talaud George Rompah serta pejabat tinggi pratama Pemkab Kepulauan Talaud. Selain itu, turut dimeriahkan oleh masyarakat tiga Kecamatan Beo serta tamu undangan lainya.

Ratu'n Banua Beo Adrianus Liroga menjelaskan, Rangkatu Tona disimbolkan sebagai berikut…  Rangkatu berasal dari kata Rangkat yang di artikan sebagai adalah dasar kuda-kuda pembuatan perahu atau bahtra yang merupakan simbol dari perjalanan kehidupan yang kadang tenang kadang juga menghadapi gelombang badai untuk sampai tujuan sambil membawa hasil yang memberikan penghidupan dan kesejahtraan.
“Perahu juga menjadi cerminan orang Talaud yang sebagian besar adalah Nelayan karena Talaud adalah daerah kepulauan dimana perahu menjadi sarana transpprtasi untuk berbagai kepentingan" jelas Liroga.

Sementara itu Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip.SE yang diberi gelar RATU'N TALODA menyampaikan penghargaanya atas dukungan seluruh masyarakat sepanjang Tahun yang telah lewat sambil terus meminta dukungan dalam perjalanan pemerintah kedepan.
"Komitmen saya pribadi dan segenap jajaran adalah berjuang, kerja dan memaksimalkan semua potensi yang ada termasuk kekayaan nilai-nilai budaya guna kesejahtraan kita semua warga Bumi Porodisa,"tutup wanita kharismatik produk asli Talaud itu.(Onal)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD