HUT SHS
Headlines News :
Home » » PLN Tebang Kelapa Tanpa Ijin Pemilik

PLN Tebang Kelapa Tanpa Ijin Pemilik

Written By jhon simbuang on Kamis, 14 Januari 2016 | 10.16.00

Pemilik Lahan Bakal Pidanakan PLN



Bitung, Identitasnews.com - Hujatan dan tudingan miring warga Kota Bitung terhadap pihak PLN Suluttenggo terus berlasung, apalagi warga Kecamatan Lembeh Selatan, psalanya, selain pasokan listrik tak memadai, pihak PLN melakukan penebangan secaramembabi buta terhadap tanaman milik warga, seperti kelapa, pisang dan bambu, pada bulan Desember 2015 lalu.


Menurut salah satu pemilik lahan di kampung Pamburutan, Kelurahan Paser Panjang, Kecamatan Lembeh Selatan, yang menjadi korban penebangan, Costantein Waloni, pihaknya tidak pernah meneriman pemberitahuan tertulis mengenai adanya penebangan kelapa dan tanaman lainnya. “Tidak ada satupun yang memberitahukan kepada kami mengenai penebangan ini, seharusnya Lurah memberitahukan jika akan ada penebangan, tapi kalau bayar pajak, kami dikejar-kejar,”ungkap pemilik salah satu lahan atas nama Monika Simpuru ini.

Senada dengan Waloni, Piter Darongke, salah satu pengelola perkebunan kelapa keluarga Letto, sangat keberatan dengan tindakan PLN tersebut. “Bulan Desember 2015 lalu, kami sedang berada di luar pulau Lembeh, namun kagetnya kami, diberitahukan saudara ada penebangan kelapa karena menghalangi jaringan listrik, kami keberatan dengan hal ini, karena kami tidak diberitahukan sebelumnya,”ungkap Piter. Lanjutnya juga, pihak keluarga sudah sepakat akan melaporkan hal ini ke pihak berawajib dengan dalil pengrusakan lahan dan tanaman milik keluarga.


Terpisah, Salah satu pemilik lahan, Yappi Letto, meminta pihak PLN bertanggung jawab dengan penebangan tersebut. “Kami minta PLN bertanggung jawab, karena tanaman kelapa dan pohon kayu, kami tanam, tidak tumbuh sendiri, kami juga membayar pajak, jangan seenaknya menebang, ini harus ada ganti rugi,”ungkap Yappi. 
Manager PLN Rayon Bitung, Riswan, saat dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, pihak yang dirugikan segera membuat laporan kepihak PLN. “Warga pemilik lahan segera melapor dan menyertakan bukti kepemilikan, kami akan bantu,”ungkap Riswan. (KATIE)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD