HUT SHS
Headlines News :
Home » » Demi Nama Baik, KPUD Minut Siap Tangkis Gugatan SDM

Demi Nama Baik, KPUD Minut Siap Tangkis Gugatan SDM

Written By jhon simbuang on Kamis, 07 Januari 2016 | 18.42.00

Sirap Mengaku Sementara Mengumpul Bukti dan Mempersiapkan Jawaban

Airmadidi, Identitasnews.com - Sejak menerima salinan gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK) via Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), KPU Minahasa Utara (Minut) mulai mempersiapkan jawaban gugatan dari paslon nomor urut 3 atas nomor pendaftaran gugatan nomor (point) ke- 8.

Ketua KPU Minut Fredriek Sirap saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sejak menerima salinan gugatan tersebut, sementara mempersiapkan jawaban.

Dijelaskan Sirap, salah satu point gugatan tersebut, yakni terkait daftar pemilih, sudah dijawab saat pelaksanaan pleno KPU Minut di Sutan Raja, dengan pembukaan kotak sesuai rekomendasi panwas secara acak dan saat dibuka tidak ada masalah, karena daftar pemilih tersebut sudah sesuai aturan dan salinan tersebut sama dengan yang dipegang KPU, Panwas dan ketiga saksi paslon.

"Hal ini menjadi salah satu bukti kuat, karena sudah dilakukan pembukaan kotak sesuai rekomendasi Panwas dan tidak terbukti adanya pelanggaran," ungkap Sirap.

Lanjutnya, apa yang perlu dijawab berdasarkan gugatan tersebut, akan dijawab sesuai aturan dan diperkuat dengan bukti yang ada. Tetapi ada juga gugatan yang tidak dijawab karena diluar ranah KPU.

Ditambahkan Sirap, jadwal menunggu pra sidang menjawab gugatan tersebut, mulai tanggal 7 - 17 Januari sedangkan Sidang Dismisal, yakni penentuan gugatan tersebut Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tanggal 18 Januari nanti.

Ditempat terpisah, peraih suara terbanyak nomor urut 2 Vonnie Anneke Panambunan dan Jopie Lengkong (VAP-JO) saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya juga akan segera merampungkan sejumlah bukti yang ada untuk lebih memperkuat gugatan tersebut.

"Intinya, kami sudah berdasarkan aturan yang berlaku, selain itu, sumua data yang ada, sama juga dengan data yang ada di KPU, Panwas dan kedua paslon lainnya," ungkap Selfran Wungow.

Disisi lain, sejumlah toko masyarakat menyayangkan adanya gugatan yang dilayangkan pihak SDM ke MK. "Buat apa lagi ada gugatan sedangkan semua sudah tahu perolehan suara pilkada Minut siapa yang menang dan tidak ada masalah yang terjadi saat di TPS," ungkap Husein Tuahuns penasehat Hukum Pasangan VAP-JO.(Meikel)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD