Iklan

LSM GMBI DIMEMBE SIAP MENANGKAN VAP-JO DI BASIS INCUMBANT

Posted by jhon simbuang on Minggu, 06 Desember 2015

 Tobing: “Kami akan kawal semua TPS Dimembe agar prose pilbup-pilwabup berlangsung fair”

 

Airmadidi, Identitasnews.com – Memasuki hari-hari terakhir masa kampanye para pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berbagai kejutan menghentak secara beruntun terutama di kubu paslon Vonnie Aneke Panambunan – Joppi Lengkong (VAP-JO). 

Sesuai fakta yang dirangkum media ini, dalam beberapa hari terakhir, elektabilitas paslon Vonnie Aneke – Joppi Lengkong (VAP-JO) semakin hari semakin menuai pesona masyarakat bahkan tokoh-tokoh berpengaruh di Minut. Sebut saja Junius Mandagie yang tergabung dalam organisasi Ikatan Pendiri Minahasa Utara (IPMU), ada juga Teny Rumbayan, Nico Sumakud, serta beberapa tokoh penting lainnya.


Sabtu (5/12), kembali Paslon VAP-JO menerima empati berupa dukungan dari salah satu LSM (Lembaga Sosial Masyarakat) besar yang sedang naik daun. Ketua LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia Minahasa Utara (GMBI Minut), Howard Pengky Marius SE. STh kepada wartawan, membenarkan hal itu.
Betul, kami keluarga besar LSM GMBI Distrik Kabupaten Minahasa Utara menyatakan sikap untuk mendukung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara No. Urut 2, VAP-JO Periode 2016-2021,” ujarnya antusias.

Marius mengatakan, pihaknya memilih mendukung paslon VAP-JO, karena dari empat (4) paslon ternyata hanya kubu VAP-JO saja yang mampu berkomitmen dengannya. “Kami memilih pasangan VAP-JO karena selain visi-misi mereka jelas dan transparan, VAP-JO juga bukan orang asing di Minut,” katanya.
Perlu diketahui bersama, LSM GMBI memiliki pengurus di 7 Kecamatan se-Minut yaitu Kecamatan Airmadidi, Kauditan, Kema, Dimembe, Talawaan, Wori dan Likupang Selatan. “Setelah menggelar rapat bersama ketua-ketua dan coordinator kecamatan, akhirnya semua sepakat mendukung paslon VAP-JO dengan sukarela, mengingat VAP-JO juga begitu perduli dengan LSM atau ormas lainnya,” tukas pria yang akrab disapa Pengky itu.

Pihaknya mendukung VAP-JO tanpa dibayar sepeser-pun, memiliki alas an kuat YAKNI, semasa menjadi Bupati Minut dulu, Vonnie Aneke Panambunan, walau hanya selama 2 tahun kepemimpinannya, VAP sudah banyak  bekerja dengan bukti nyata untuk Kabupaten Minahasa Utara.
“Contohnya pembangunan infrastruktur, penambahan PNS dari 500 menjadi 1054 tanpa dipunggut biaya sepeser pun, melakukan lobi-lobi pemerintah pusat, pembangunan kantor bupati dan masih banyak lagi yang tidak bisa diuraikan disini. Untuk memenangkan VAP-JO 9 Desember nanti, LSM GMBI siap mengawal dan memantau prosesi pencoblosan, penghitungan dan pengamanan surat dan kotak suara VAP-JO,” semburnya.

Ditanya apabila kedapatan ada blunder atau kecurangan dalam prosesi pilkada itu, Marius mengaku sudah sangat siap untuk mengawal gugatan pasangan VAP-JO sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).
“Di MK nanti kami berkordinasi dengan LSM GMBI dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk mendukung gugatan VAP-JO,” timpal dia.

Perlu diketahui bersama, power LSM GMBI di pusat juga tergolong kuat, pasalnya dalam sidang pra pradilan kasus Konjem Budi Gunawan (BG) lalu, sedikitnya ada 7. 000 massa GMBI melakukan pengawalan di Pengadilan Negeri  Jakarta Selatan, sehingga siding itu dimenangkan pihak Komjen Budi Gunawan.
“Kita sama-sama berharap, agar tidak ada kecurangan pada pilkada nanti, tapi bila trnyata terjadi, yah mau tidak mmau, kami akan lakukan seperti yang saya katakana diatas,” tandasnya.
Sementara itu, kabar mengejutkan kembali membahana dikubu paslon lainnya ketika Penasehat Umum LSM GMBI Minut, Bos Tobing yang didampingi Alfian Wantah, Ketua LSM GMBI Minut Kecamatan Dimembe mengklaim yang mana dirinya sangat men-suport keputusan Ketua LSM GMBI Kabupaten Minut yang memilih mendukung paslon VAP-JO.
“Kita selaku LSM yang merupakan mitra pemerintah dalam melaksanakan pengabdian mereka, tentu saja mendukung paslon yang memahami fungsi lembaga social control. Dan dari empat paslon yang ada, hal itu kami dapati hanya di kubu VAP-JO,” beber Tobing Minggu (06/12).
Eksistensi LSM GMBI Dimembe, berada di wilayah basis salah satu paslon incumbent, termasuk cukup berat. Namun optimisme untuk memenangkan paslon VAP-JO, begitu besar terpancar diwajah Tobing yang saat itu sedang mengawasi para anggotanya sedang membangun tribun besar dihiasi balihoo paslon VAP-JO di depan Desa Matungkas.
Dirinya begitu yakin kalau pasangan VAP-JO mampu unggul di Kecamatan Dimembe sebab Tobing kenal betul karakter masyarakat Kecamatan Dimembe, apalagi warga Desa Teranak Matungkas, Laikit, dan Dimembe.
“Kami disini biar diberi uang banyak, tetap tidak akan berpindah dari VAP-JO. Contohnya anak-anak yang membangun podium ini, coba tanya mereka, apakah mereka mengerjakan ini dibayar. Kami juga akan kawal semua TPS agar proses pilbup-pilwabup berlangsung fair,” tutup Tobing.(John/Adit)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

15.17.00

0 komentar:

Posting Komentar